Iklan

Iklan

,

Iklan

Lebaran Idul Fitri 1445 H, Ribuan Warga Bandung Mulai Mudik Lebih Awal

Redaksi
Jumat, 29 Maret 2024, 12:30 WIB Last Updated 2024-03-29T05:30:16Z
Istimewa.


JAKARTA | HARIAN7.COM - Sejumlah warga di Bandung telah memulai perjalanan mudik ke kampung halaman mereka, meskipun Lebaran Idul Fitri 1445 H masih dua pekan lagi. Pada hari ini, Jumat (29/3), bertepatan dengan hari libur Jumat Agung dan long weekend, ribuan orang sudah berangkat.


Ayep Hanapi, Manager Humas Daop 2 Bandung, memperkirakan lebih dari 9 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Bandung hari ini. 


"Kemungkinan Bandung sudah ada penumpang yang mudik duluan, saat ini juga di hari libur nasional juga banyak, total sekitar 9 ribu hari ini," ujarnya.


Mayoritas penumpang menuju ke arah timur Jawa, seperti Solo (Jateng), Malang, dan Surabaya (Jatim). "Ke arah timur, Bandung-Solo Balapan, Bandung-Malang, Bandung-Surabaya Gubeng," tambah Ayep.


Perkiraan jumlah penumpang kereta api diperkirakan akan bertambah hingga mencapai 12 ribu per hari selama periode mudik Lebaran. Salah satu pemudik asal Madiun, Niken (41), mengatakan bahwa dia sengaja berangkat lebih awal untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas dan ingin lebih lama tinggal di kampung halamannya.


"Puncak mudik diperkirakan jatuh pada 5-8 April. Kereta api menjadi kendaraan umum favorit bagi pemudik," tambahnya.


Dengan demikian, suasana mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H sudah terasa meskipun masih beberapa pekan menjelang hari raya tersebut.(Iw/red)

Iklan