Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemilu 2024 di Kabupaten Semarang, KPU Pastikan Berjalan Jurdil dan Luber

Admin: Shodiq
Senin, 26 Februari 2024, 22:17 WIB Last Updated 2024-02-26T16:41:34Z

 

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Bambang Setyono bersama Komisioner KPU memimpin Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Semarang. Foto Dok. Harian7|Shodiq.

UNGARAN|HARIAN7.COM- Pelaksanaan tahapan- tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Semarang sampai dengan tahapan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di 19 kecamatan terlaksana sukses. 


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang, Bambang Setyono menilai bahwa pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 2024 di Kabupaten Semarang berlangsung jujur adil dan langsung umum bebas rahasia.


Hal tersebut dibuktikan tidak ada kendala apa pun setidaknya hingga rekapitulasi di tingkat kecamatan yang sudah diselesaikan semuanya.


"Penyelenggaraan pemilu 2024 di kabupaten Semarang aman terkendali termasuk tidak ada kecurangan. Ini karena semua lembaga yang ada baik Forkopimda dan pemangku kepentingan bersinergi untuk menciptakan situasi kondusif di sini," katanya kepada awak media, Senin (26/2/2024).


Ditambahkan, bahwa mulai hari Senin(26/2) rekapitulasi di tingkat kabupaten di gelar. Sesuai jadwal yang telah direncanakan akan selsai pada Jumat(1/3/2024). 


Untuk setiap harinya, tanggal (26-29/2) diselesaikan penghitungan suara empat kecamatan dan terkahir tanggal (1/3/2024)tiga kecamatan dari 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang.


"Hari pertama penghitungan menyelsaikan empat kecamatan berjalan lancar. Tidak ada keberatan dari saksi partai politik atau pasangan calon presiden dan wakil presiden. Ini karena penghitungan di tingkat kecamatan sudah dilakukan sinkronisasi sehingga tidak ada banyak persoalan misalnya selisih suara penghitungan bisa diminimalisir," tuturnya.


Bambang menyebut bahwa  petugas KPPS dan penyelenggara Pemilu lainnya, tidak ada yang sakit atau bahkan meninggal selama bertugas.


Untuk rekapitulasi hari pertama berdasarkan huruf abjad yaitu Ambarawa, Bawen, Bancak, dan Bandungan. Empat kecamatan tersebut sudah selesai rekapitulasinya dengan lancar dan sukses tanpa ada protes dari pihak - pihak peserta Pemilu. 


"Kami belum bisa menyebut hasil perolehan suara setiap partai politik, DPD, mau pun calon presiden dan wakil presiden . Kami akan melakukan rapat pleno terbuka di hari kelima rekapitulasi setelah selesai penghitungan kecamatan. Saat itulah nanti kami baru akan menetapkan hasilnya," jelasnya dengan gamblang.(*) 


Iklan