Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemerintah dan BPJS Kesehatan Perkuat Komitmen untuk Mewujudkan Visi Indonesia Maju 2045

Redaksi
Rabu, 28 Februari 2024, 18:32 WIB Last Updated 2024-02-28T11:32:57Z


SURABAYA | HARIAN7.COM - Sebagai bagian dari upaya dalam mencapai visi Indonesia Maju 2045, pemerintah telah memperkuat komitmennya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program inklusif, termasuk Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 


Program JKN, yang dikelola oleh BPJS Kesehatan sejak tahun 2014, dianggap mampu memberikan akses layanan kesehatan yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia.


Menurut Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, pemerintah telah menyusun langkah strategis untuk mewujudkan pilar pembangunan Indonesia tahun 2045, dengan fokus pada pembangunan manusia, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), serta peningkatan derajat kesehatan dan kualitas hidup rakyat. 


Ghufron juga menyebutkan dukungan BPJS Kesehatan terhadap berbagai kemajuan, termasuk melalui data sampel dan penerbitan Jurnal JKN, yang dapat dimanfaatkan untuk penelitian mendalam mengenai jaminan kesehatan dan pengembangan kebijakan kesehatan.


Dalam upaya peningkatan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat, BPJS Kesehatan berfokus pada mengatasi permasalahan gizi, meningkatkan usia harapan hidup, dan menurunkan angka kesakitan serta kematian. 


Selain itu, kesetaraan dalam layanan kesehatan juga ditekankan, di mana hadirnya Program JKN diharapkan tidak hanya memberikan perlindungan finansial tetapi juga mendorong kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat dan pencegahan penyakit.


BPJS Kesehatan terus bersinergi dengan pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan RI, untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Salah satu upaya konkret yang dilakukan adalah transformasi mutu layanan untuk memastikan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara bagi semua peserta. 


Universitas Airlangga juga turut berperan dengan menghadirkan program studi yang mendukung implementasi sistem jaminan kesehatan di Indonesia, seperti Magister Ekonomi Kesehatan (MEK), sebagai langkah untuk menciptakan generasi dan calon pemimpin baru yang dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Maju 2045.(Yuan)

Iklan