Iklan

Iklan

,

Iklan

Peluncuran dan Bedah Buku Baru Antologi Ephemeral, MAN Temanggung Bangga Akan Karya Siswanya

Biro Kedu: Ady Prasetyo
Kamis, 29 Februari 2024, 09:46 WIB Last Updated 2024-02-29T02:47:02Z
Peluncuran dan bedah buku baru antologi  Ephemeral karya siswa dan guru MAN Temanggung.

TEMANGGUNG | HARIAN7.COM - Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Temanggung mengadakan peluncuran dan bedah buku baru antologi  Ephemeral MAN Temanggung karya siswa dan guru, dengan tema melodi kata dalam gerak dan suara. Bertempat di Gedung Sasana Bhakti Pustaka, berada di sebelah gedung Perpusda, Kowangan, Temanggung, Rabu (28/2/2024).


Kegiatan atas diinisiasi oleh kepala Perpustakaan Gibraltar bekerja sama dengan Keluarga Studi Sastra 3 Gunung (SS3G) Temanggung. Sebagai bentuk apresiasi maka di gelar acara tersebut juga pemberian hadiah kepada siswa penulis terbaik. Terlebih pihak sekolah juga bangga akan karya siswanya dalam menuangkan ide kreatif dalam bentuk kumpulan puisi sehingga terbit buku tersebut.


Dengan mengundang PJ Bupati Temanggung, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Temanggung, dan beberapa pihak terkait, selain itu juga diikuti oleh siswa MAN sendiri.


Buku Antologi Ephemeral adalah sekumpulan cerpen yang ditulis siswa MAN dan beberapa guru. Buku Ephemeral terdiri dari jilid, dengan 50 siswa penulis dan 4 guru.


"Dengan peluncuran buku Antologi ini, diharapkan dapat menginspirasi dan menggugah minat menulis dan membaca di kalangan siswa MAN ataupun generasi muda saat ini pada umumnya," Jelas Ika permata Hati, selaku moderator acara.


Selain bedah buku acara juga dilengkapi dengan dramatisasi cerpen kulintang, tari prahara ratu lintang, musikalisasi puisi Man Temanggung juga musikalisasi puisi dari semana band. Untuk acara inti yaitu bedah buku dengan narasumber Muchlas Abror dan Asrul  Sani yang juga alumni sekolah tersebut.


Sementara itu menurut Saltiyono Admaji, S.Stp. M.M dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Temanggung mengatakan jika ini merupakan hal yang luar biasa karena walau masih sederhana wujudnya karya anak SMA.


"Sehingga hal kecil ini akan menjadi manfaat bagi pendidikan di Temanggung," tandasnya. 


Pemerintah dari dinas perpustakaan dan kearsipan sangat  yang berkaitan dengan literasi ini mensupport penuh dengan didorong olah komunitas dan para pengajar sehingga siswa bisa menghasilkan karya tulis yang membanggakan.

Iklan