Iklan

Iklan

,

Iklan

Berkat Dana Hibah, Kelompok Kesenian Sinar Siswo Putra Poreng Rimba Kundisari Kedu Bisa Wujudkan Mimpi

Biro Kedu: Ady Prasetyo
Sabtu, 30 Desember 2023, 09:22 WIB Last Updated 2023-12-30T02:22:39Z

Penulis : Ratmaningsih

Kontributor | Temanggung

Grup kesenian Sinar Siswo Putra Poreng Rimba 

TEMANGGUNG | HARIAN7.COM - Setelah sekian lama impian untuk mendapatkan kostum pentas yang layak dan memadai bagi anggotanya, kelompok kesenian ini sekarang sudah bisa mewujudkan mimpinya. Hal ini karena dana hibah dari Kementerian Sosial tahun 2023 sudah bisa mereka manfaatkan untuk membeli kostum yang bagus. Selain itu untuk kesejahteraan ekonomi dibelikan juga 10 ekor kambing sebagai peliharaan  kelompok tani. Kelompok kesenian rimba meluapkan kegembiraannya dengan menggelar kesenian di Dusun Munding Kidul, Desa Kundisari Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jumat dan Sabtu (29/12-30/12/ 2023).


"Dalam rangka mewujudkan kearifan lokal kami gelar kesenian ini. Dana hibah yang kami terima sangat bermanfaat bagi kelompok kesenian kami yang mana sudah hampir dua belas tahun sejak dibentuk kami terkendala oleh dana untuk kemajuan. Tapi dengan adanya dana hibah ini kami bisa membeli kostum berupa badong, kroncong dan kostum sesepuh untuk pentas," jelas Rujito (58), selaku ketua grup kesenian Sinar Siswo Putra Poreng Rimba tersebut.


Masih menurut Rujito, digelarnya kesenian tersebut juga mempunyai tujuan untuk pencegahan radikalisme dan menghindarkan konflik sosial lainnya sehingga terwujud kerukunan antar warga. Terlebih ini adalah wujud rasa syukur sudah mendapatkan dana hibah yang diajukan sebulan yang lalu.

Dalam pagelaran tersebut selain menampilkan kesenian milik desa juga mengundang kesenian dari beberapa grup kesenian dari kecamatan lain. Di awali dengan menampilkan kesenian yang dimainkan oleh anak-anak, malam hari dilanjutkan oleh kelompok remaja. Selama kesenian berlangsung didampingi oleh sesepuh sebagai orang yang di tuakan di kampung tersebut. 


Rujito mewakili warga setempat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah khususnya Kementerian Sosial yang sudah mengucurkan dana untuk mendukung kemajuan keseniannya sehingga kelompok yang sudah berkali- kali diundang di berbagai kesempatan ini bisa sehingga kelompok keseniannya bisa menyuguhkan penampilan maksimal.


Harapannya kesenian yang diketuai dirinya bisa lebih maju dan lebih dikenal masyarakat luas hingga memiliki jam terbang yang tidak kalah dengan kelompok kesenian lain di daerahnya.

Iklan