Iklan

Iklan

,

Iklan

Pantai Indah Kemangi Kangkung Hasilkan Profit 600 Juta Pertahun

Redaksi
Rabu, 29 November 2023, 04:28 WIB Last Updated 2023-11-28T21:28:56Z
Destinasi Wisata Pantai Indah Kemangi (PIK) Desa Jungsemi Kangkung Kendal.


Laporan : A. Khozin


KENDAL | HARIAN7.COM - Pantai Indah Kemangi (PIK) yang berada di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kendal merupakan Destinasi pantai yang saat ini menjadi kunjungan Favorit bagi masyarakat Kendal dan sekitarnya.


Bagaimana tidak menjadi Destinasi Wisata Favorit, sebab kawasan pantai yang dulu nampak kumuh dan tidak menarik, kini menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat.


Sampai dengan saat ini, pihak pengelola terus membenahi sarana dan prasarana yang diperlukan, seperti akses jalan menuju ke PIK terus diperbaiki, jalan yang awalnya berupa tanah kini sudah berupa cor beton dan di lebarkan, sarana ibadah, lapak UMKM, gedung Toserba, dan wahana permainan yang terus bertambah.


Kami terus melakukan kerjasama dengan berbagai instansi maupun lembaga pendidikan yang ada, baik di tingkat Daerah maupun sampai pusat, guna memberikan supervisi, pelatihan atau pendampingan demi kemajuan PIK.


"Selain sarana dan prasarana yang terus kita tingkatkan, juga wahana permainan kita tambah, soal kebersihan juga terus kita jaga, agar pengunjung merasa nyaman, harga-harga makanan yang dijual oleh para pelaku UMKM juga dengan harga umum," terang Jumadi Kades Desa Jungsemi dihadapan wartawan.


"Insya Allah dalam waktu dekat ini, akan kita tambah dengan bumi perkemahan pantai," terang Kades.


Ditambahkan oleh Kades Jumadi, dalam setiap tahun ada beberapa bulan yang tidak menghasilkan keuangan, diantaranya saat musim hujan ekstrim, pada bulan Ramadhan lokasi PIK juga ditutup sepenuhnya, namun demikian secara global pendapatan PIK dihitung rata-rata per tahun bisa mencapai 1 Miliar kotor.


"Setelah dipotong untuk beaya Oprasional, seperti gaji pegawai dan lain-lain, masih tersisa 600 juta pertahun bersih,"  terang kades yang akrab dengan awak media ini.


Pendapatan sebesar itu, melalui CSR (Corporate Social Responsibility) disalurkan kepada sektor pendidikan, Keagamaan, Sosial Budaya yang ada di Desa Jungsemi," papar Kades.


"Untuk dunia pendidikan, dari Paud sampai dengan Madrasah yang ada didesa Jungsemi semua digratiskan, pembiayaan nya ya melalui CSR yang dikeluarkan oleh PIK," tambahnya.


Secara pribadi maupun pemerintah Desa, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Ardhi yang pada waktu itu  masih menjadi camat Kangkung, yang bersama-sama berjuang mewujudkan impian warga Jungsemi untuk memiliki usaha pariwisata, kini sudah terwujud.


"Semoga kedepan masyarakat kami semakin maju dan berkembang dengan adanya PIK ini," harapnya.(*)

Iklan