Iklan

Iklan

,

Iklan

Kolaborasi Pelaku Wisata dan UMKM, Strategi Meningkatkan Daya Saing di Era Indonesia Emas: Begini Jawaban Gibran Rakabuming Raka

Biro Kedu: Ady Prasetyo
Minggu, 29 Oktober 2023, 23:31 WIB Last Updated 2023-10-29T16:34:11Z

Penulis : Wahono

Kontributor | Temanggung

Gibran Rakabuming Raka saat blusukan di salah satu Desa Wisata Desa Gondangwinangun, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung untuk menemui para pelaku wisata dan UMKM.

TEMANGGUNG | HARIAN7.COM - Gibran Rakabuming Raka melaksanakan kegiatan Safari Politik pada hari ke 2 (dua) di Kabupaten Temanggung dengan melakukan Dialog Istimewa dengan para pelaku UMKM dan wisata Kabupaten Temanggung di Desa Gondangwinangun, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Pada, Minggu (29/10/2023).


Sekretaris Garda Wisata Temanggung, Weny Nursanti, yang membawahi 100 para pelaku usaha UMKM dari 28 Desa Wisata yang ada di Temanggung menyampaikan dalam pertemuan tersebut berharap adanya fasilitas bagi pelaku Desa wisata dan pelaku UMKM Temanggung untuk saling bekerjasama demi menciptakan tempat atau titik pusat oleh-oleh khusus dari Kabupaten Temanggung. Ide ini disampaikannya saat berdialog dengan Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.


"Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing para pelaku usaha dalam menghadapi Indonesia Emas 2045," ungkap Weny.


Calon Wakil Presiden periode 2024-2029 dari Prabowo Subianto ini menanggapi dengan sangat serius usulan dari Weny. Gibran menyadari betapa penting akses permodalan dan inovasi dalam mempercepat pertumbuhan UMKM dan pelaku wisata di tanah air. 


"Oleh karena itu, saya berkomitmen untuk segera ambil tindakan dalam menghadapi tantangan Indonesia Emas 2045," ucap putra sulung Presiden Joko Widodo ini. 


Diharapkan, Kolaborasi yang efektif antara pelaku wisata dan UMKM di Temanggung nantinya akan memberikan manfaat di berbagai aspek. Antaranya, dengan adanya titik oleh-oleh khusus, akan semakin meningkatkan daya tarik desa wisata dan UMKM dalam menarik wisatawan domestik maupun asing. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi perekonomian lokal maupun nasional.


"Integrasi antara wisata dan UMKM juga memberikan kesempatan kepada masyarakat sekitar untuk meningkatkan kualitas hidup dan berdaya saing di bidang yang mereka geluti. Dalam menghadapi era Indonesia Emas 2045, para pelaku wisata dan UMKM harus selalu berupaya menciptakan sinergi yang kuat dan berkelanjutan agar dapat bersaing dalam kancah global," tandas Mas Gibran panggilan akrabnya. 


Lebih lanjut, Gibran menyampaikan, Semoga dengan kebijaksanaan dan tindakan cepat, kolaborasi antara pelaku wisata dan UMKM Temanggung dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Indonesia. 


"Mari kita dukung semangat baru ini demi mewujudkan Indonesia emas yang lebih inovatif, maju, dan berdampak positif bagi seluruh masyarakat," tandasnya.

Iklan