Iklan

Iklan

,

Iklan

Lestarikan Tradisi Leluhur, Warga Ketanggung Gelar Sadranan dan Pagelaran Wayang Kulit

Redaksi
Sabtu, 30 September 2023, 03:05 WIB Last Updated 2023-09-29T20:05:37Z


Laporan: Budi Santoso


NGAWI | HARIAN7.COM - Ratusan warga Desa Ketanggung, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi menggelar kegiatan Sadranan di lapangan desa setempat, Jumat (29/9/2023).


Acara yang digelar secara turun temurun ini juga dimeriahkan dengan pagelaran kesenian reog jaranan dan wayang kulit semalam suntuk dengan mengangkat lakon Wahyu Katentreman oleh Ki Dalang Aji Tondo Utomo dari Gondang Sragen.


Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun pada hari Jumat Pon.


Pantauan harian7.com dilokasi, acara ini dihadiri Camat Sine melalui Forpimcam Sine, 15 kepala desa se Kecamatan Sine, Ketua BPD dan anggota, seluruh perangkat desa,  RT RW dan warga Desa Ketanggung serta ratusan penonton lainya.


Acara di awali Jumat siang dengan kesenian Reog Jaranan Samodro Pitu dari sragen. Selain itu juga arak arakan  gunungan yang berisikan buah buahan, sayur mayur,nasi tumpeng dan segala makanan. 


Arak arakan dimulai dari Dusun Kopenan menuju lapangan. Kemudian pada malam harinya di gelar wayang kulit semalam suntuk.


Kepala Desa Ketanggung, Sri Joko dalam sambutanya mengatakan bahwa sedekah bumi ini adat Jawa di Ngawi khususnya di Desa Ketanggung.


"Tradisi ini dilaksanakan semenjak dulu sebagai bentuk wujud syukur kepada Allah SWT. Supaya masyarakat diberikan kesehatan dan rejeki yang melimpah dari hasil bumi,"ungkapnya.


Sri Joko juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak sehingga bisa terlaksana kegiatan ini.


"Kegiatan ini juga bisa mendongkrak tumbuhnya perekonomian kabupaten Ngawi,"pungkasnya.(*)

Iklan