Iklan

Iklan

,

Iklan

Apel Bersama Forum Ambulans, Polres Sukoharjo Latihkan Penanganan Korban Kecelakaan

Redaksi
Rabu, 27 September 2023, 19:50 WIB Last Updated 2023-09-27T12:50:21Z
Apel bersama Polres Sukoharjo dengan para petugas yang tergabung dalam Forum Ambulans Sukoharjo Bersatu, di Sukoharho, Rabu (27/9/2023).


SUKOHARJO | HARIAN7.COM - Para petugas ambulans diminta harus benar-benar mengusai keahlian dalam memberikan pertolongan pada korban, agar tidak terjadi kesalahan yang dapat mengakibatkan fatalitas.


Pengarahan tersebut disampaikan Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, dalam apel bersama dengan para petugas yang tergabung dalam Forum Ambulans Sukoharjo Bersatu.


Para crew dari 57 unit ambulans terlibat dalam apel bersama, yang disambung dengan pelatihan penanganan pertama pada korban kecelakaan, atau dalam istilah kepolisian disebut Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP), Rabu (27/9/2023).


Menurut Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, latihan di halaman Mapolres Sukoharjo tersebut ini juga merupakan bagian dari persiapan menghadapi Pemilu 2024.


Selain dari unsur kepolisian dan FAST, hadirt pula Kabid Operasi dan Pengendalian Dishub Sukoharjo Sukadi, Staf Dinas PU Kasiran, dan Staf Jasa Raharja Afrizal.


Dalam kesempatan itu, Kapolres AKBP Sigit juga mengungkapkan keprihatinan, lantaran banyak kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayahnya.


“Berbagai langkah sudah kita laksanakan dalam pencegahan kecelakaan lalu lintas, seperti sosialisasi, inovasi, upaya pencegahan, hingga penindakan kepada para pelanggar aturan. Namun tetap saja hampir setiap hari kejadiaan laka lantas terjadi di wilayah kita,” ujar Kapolres, seperti dirilis humas.polri.go.id.


Menurut dia, Forum Ambulans Sukoharjo Bersatu yang dibentuk beberapa waktu lalu, sangat membantu Satlantas Polres Sukoharjo, dalam percepatan penanganan korban kecelakaan lalu lintas.


Kapolres menuturkan, dengan adanya apel bersama dan pelatihan seperti ini kiranya dapat memberi ilmu pengetahuan dan wawasan kepada para petugas/crew ambulans untuk bekal dalam melaksanakan tugasnya.


Karena dalam penanganan, petugas/crew dengan jumlah sebanyak 57 unit dalam Forum Ambulans Sukoharjo Bersatu ini, para petugas ambulans harus menguasai keahlian dan mengatahui SOP dalam penanganan korban kecelakaan lalu lintas, sehingga dalam penanganan tidak terjadi kesalahan yang justru dapat membuat korban menjadi fatal.


“Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada FAST yang tidak mengenal lelah selama 24 jam serta selalu berkolaborasi dengan Sat Lantas Polres Sukoharjo dalam membantu menangani laka lantas,” ucap AKBP Sigit.


Dalam pelatihan itu, diperagakan berbagai adegan penanganan kecelakaan, seperti penanganan korban tersengat listrik, korban kecelakaan lalu lintas, korban mobil terperosok ke jurang, dan lain sebagainya.


Editor : Andi Saputra

Iklan