Iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Kendal Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah

Redaksi
Rabu, 30 Agustus 2023, 10:50 WIB Last Updated 2023-08-30T09:30:36Z

 

Bupati didampingi ketua tim penggerak PKK Kendal gunting pita sebagai simbol diresmikanya perpusda Kendal.

KENDAL | HARIAN7. COM - Bupati Dico Ganinduto meresmikan gedung fasilitas layanan perpustakaan daerah Kabupaten Kendal yang terletak di jalan Gajahmada Karangsari Kendal dengan meriah.


"Dengan adanya gedung tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat Kendal" kata Bupati Dico, Selasa, (29/08/2023). 


Dalam pidatonya Bupati juga Menceritakan tentang konsep awal dirinya membangun Perpusda Kendal ini, dan itu bukanlah hal yang mudah, atau rutinitas normatif yang biasa kita lakukan, banyak sekali perjuangan dan upaya yang dilakukan sehingga perpustakaan ini bisa terwujud.


"Konsepnya adalah, bagaimana seluruh pembangunan yang ada di Kendal itu harus berdampak terhadap peningkatan kwalitas Sumber daya manusia, karena tidak ada suatu negara atau daerah yang bisa maju, apabila SDM nya rendah," kata Bupati mengawali pidato tanpa teks nya.


"Mudah-mudahan Perpusda ini mejadi salah satu ICONIC yang ada di kabupaten Kendal serta mampu memberikan manfaat yang lebih terhadap masyarakat," harap Bupati.


Bupati juga memastikan  oprasional pengelolaan terhadap Perpusda ini akan terus di maksimalkan dan ditingkatkan, 


"Kami siap menerima saran dan masukan, karena diawal-awal oprasional pasti banyak yang kurang," harap Bupati.


"Setiap saat kita akan melakukan evaluasi dan memastikan bahwa kehadiran Perpusda ini akan meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat Kendal, juga akan menjadi creative art yang bisa memberikan nilai tambah dalam kehidupan sehari-hari" tambah bupati.


Salah satu undangan yang hadir Rahmawati (38) Pengelola Perpus disalah satu SMP Negeri Kendal mengungkapkan Rasa syukurnya dan ucapan terimakasihnya kepada Pemda dalam hal ini Bupati yang telah mewujudkan impiannya, punya perpustakaan yang lengkap dan mudah di akses.


"Hadirnya Perpustakaan baru ini juga sudah sangat dibutuhkan dan dinanti-nanti oleh generasi muda di Kendal. Sebab pertukaran informasi saat ini sudah berkembang sangat pesat, sehingga pola-pola mencari informasi dengan konvensional sudah bergeser menjadi digital," ujarnya.


Diresmikanya gedung Perpustakaan Daerah ini juga mendapatkan apresiasi dari Pegiat Pendidikan Emy Yulia Supriati yang juga Caleg Nasdem No 2 dari Dapil 1, ia sangat mengapresiasi hadirnya gedung baru Perpustakaan Daerah Kendal ini.


"Alhamdulillah, Kabupaten Kendal telah memiliki Gedung Perpustakaan Daerah yang megah dan representatif, kehadiran dan keberadaan gedung baru perpustakaan daerah ini telah sekian lama dinanti-nantikan oleh masyarakat, para pegiat perpustakaan dan pemustaka yang berasal dari kalangan Perguruan Tinggi, Sekolah dan Madrasah serta masyarakat umum,” Ucap Emy Yulia.


"Melalui perpustakaan itu diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran, yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat, baik untuk kepentingan pendidikan, riset, rekreasi, sumber keterampilan, guna meningkatkan kemampuan literasi masyarakat agar lebih baik lagi, Bermarwah dan Bermartabat senafas denga tagline Kendal handal, Kendal competitive” imbuhnya.


Selanjutnya Perwakilan dari Muri Sri Widayati mengumumkan, setelah melalui kajian dan penelitian tentang Perpusda Kendal ini, MURI mencatat namanya sebagai Perusda Terluas, Terbaik di Indonesia dengan nomor urut 11.185.


Selanjutnya Bupati didampingi oleh Kaperpusda Wahyu Yusuf Ahmadi maju untuk menerima sertifikat dan Plakat dari MURI.


Penulis : A.Khozin

Editor   : Andi Saputra

Iklan