Iklan

Iklan

,

Iklan

Sambut Tahun Baru Islam, Pemdes Gumelem Kulon Menggelar Grebeg Suran Sunan Geseng

 Admin : Iwan Setiawan
Sabtu, 29 Juli 2023, 20:13 WIB Last Updated 2023-07-29T13:13:36Z

 

Arief Machbub Kepala Desa Gumelem Kulo bersama Suroso Camat Susukan saat akan melepas peserta kirab


Laporan: Iwan Setiawan


BANJARNEGARA, harian7.com - Menyambut tahun baru islam 1445 H pemerintah Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara menggelar Grebeg Suran Sunan Geseng mulai 27-29 juli 2023.


Rangkaian acara demi acara telah dilaksanakan meliputi pentas seni ebeg pada kamis 27 juli dan jamasan klambu wasiat, caos suran, pentas seni aplang dan kentongan pada 28 juli 2023.


Pada puncak Grebeg suran Sunan Geseng ditampilkan berbagai acara hingga ritual unik antara lain ritual pemendeman, kirab, ziarah makam Sunan Geseng, penampilan Kartika Buana, ngalap berkah gunungan dan live music Omlan pada siang 29 juli 2023.

Kirab gunungan di Desa Gumelem Kulon


Malam harinya pentas tari Bujangganong, ritual kidung sewu geni dan di tutup dengan pagelaran kethoprak mengambil lakon "Niti Lampah Sunan Geseng" serta pengundian dorprize.


"Grebeg suran Sunan Geseng digelar sebagai wujud  rasa syukur, Pemerintah Desa Gumelem Kulon berserta lapisan masyarakat yang telah diberikan umur panjang, umur yang barokah dan rejeki yang barokah maka diimplemenyasilan melalui Grebeg suran," kata Arief Machbub, Kepala Desa Gumelem Kulon. Sabtu (29/7/2023).


Dijelaskan Arief Machbub, Grebeg Suran Sunan Geseng semakin meriah dengan dihadiri oleh Dinas Pariwsata Banjarnegara, Forkopimcam Susukan beserta tamu undangan lain.


"Prosesi kirab bisa dimaknai sebagai wujud ke gotong royongan dan kearifan lokal, dimana pada saat ini berkaitan dengan persatuan dan kesatuan manakala tidak di pupuk akan semakin luntur," ujarnya.

Istimewa


Sementara PJ Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto dalam sambutanya melaui Yelly Harmoko Plt Kabid Kebudayaan mengatakan, bulan sura yang mempunyai berbagai macam filosofi dan makna yang harus kita sikapi dengan laku keyakinan untuk tetap eling lan waspada.


"Eling disini berarti kita harus ingat siapa sejatinya diri kita dan dimana kedudukan kita sebagai ciptaan Tuhan. Sedangkan waspada berarti sebagai manusia kita harus selalu terjaga dan waspada dari segala macam godaan yang menyesatkan," ujarnya.**










Iklan