Iklan

Iklan

,

Iklan

Ciptakan Generasi Sehat dan Cerdas, Darori Wonodipuro Ajak Gemarikan dan Bagikan 1 Juta Benih Ikan Tawar

 Admin : Iwan Setiawan
Senin, 31 Juli 2023, 18:54 WIB Last Updated 2023-07-31T12:00:56Z

 

 Ir K.R.T.H Darori Wonodipuro anggota Komisi IV DPRI fraksi Partai Gerindra saat memberikan bantuan benih ikan ke petani

Laporan: Iwan Setiawan


BANJARNEGARA, harian7.com - Dalam rangka percepatan penurunan Stunting dan gizi buruk Ir K.R.T.H Darori  Wonodipuro anggota Komisi IV DPRI fraksi Partai Gerindra menggelar safari  Gemar Makan Ikan (Gemarikan) di desa wisata Rawa Lutung Desa Pagak, Kabupaten Banjarnegara, Senin (31/7/2023).


Safari Gemarikan untuk generasi sehat dan cerdas,  Darori Wonodipuro menggandeng Kementrian Kelautandan dan Perikanan  Jawa Tengah dan Dinas Pertanian dan peternakan Kabupaten Banjarnegara.


Darori Wonodipuro mengatakan bahwa, untuk peningkatan gizi khususnya di Daerah Pemilihan VII meliputi Kabupaten Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga dengan cara gemar makan ikan dan angka Stunting cepat berkurang.


"Selain itu, kami juga membagikan benih ikan air tawar sebanyak 1 juta secara gratis kepada para petani untuk dibudidayakan," jelasnya.


Darori Wonodipuro juga mengajak para petani agar menyisihkan hasil panennya untuk di konsumsi sendiri, agar kebutuhan gizi masyarakat bisa terpenuhi.

Istimewa


"Kabupaten Banjarnegara produksi ikan air tawar sangat tinggi namun malah dijual ke daerah lain, harapan kami bagi para petani untuk menyisihkan minimal 30% dari hasil panen, jangan malah  di jual semua untuk beli tahu dan tempe," katanya.


Sementara Singgih Haryono, Plt Kapala Dinas Peternakan dan Perikanan Banjarnegara mengatakan,  gerakan Gemarikan merupakan langkah yang sangat strategis, karena didalam terdapat kandungan yang sangat baik pertumbuhan otak dan kecerdasan anak.


"Gemarikan merupakan pancingan bagi masyarakat agar lebih mandiri dalam menyiapkan pangan,  masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong untuk ternak maupun kolam, untuk memenuhi kebutuhan gizi," katanya.***















Iklan