Iklan

Iklan

,

Iklan

Aksi Baksos Di Car Free Day, IHKA Solo Raya Bersihkan Sampah

Redaksi
Senin, 31 Juli 2023, 16:35 WIB Last Updated 2023-07-31T09:35:21Z


Laporan: Tedy Mulyawan


SALATIGA | SOLO - Puluhan praktisi housekeeping yang tergabung dalam IHKA (Indonesian Housekeepers Association) Solo Raya mengadakan kegiatan sosial dengan cara mengumpulkan sampah dari para pengunjung Car Free Day di kawasan Jalan Slamet Riyadi, Surakarta, Minggu (30/7/2023).


Dengan mengusung tema "Colect Your Waste" IHKA bermaksud untuk menumbuhkan kesadaran membuang sampah pada tempatnya dimulai dari diri sendiri. 


Kegiatan sosial ini diikuti lebih dari 60 anggota IHKA Solo Raya yang tergabung dari perwakilan praktisi houseeping baik dari hotel, rumah sakit, pusat perbelanjaan modern dan juga dari sekolah perhotelan di seluruh Solo Raya. 


Dalam kegiatan tersebut, dihadiri ketua umun BPD IHKA Jawa Tengah, D. Mia Kurniawan beserta perwakilan dari BPC IHKA Kota Semarang.


Ketua BPC IHKA Solo Raya Lanjar Suyono saat ditemui disela kegiatan menyampaikan bahwa digelarnya kegiatan ini menyikapi masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan. Padahal jelas itu dapat berdampak buruk bagi manusia itu sendiri.


"Concern kami adalah permasalahan lingkungan, minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan permasalahan limbah sampah ini sangatlah beragam dari tahun ke tahun dan belum dapat terselesaikan dengan solusi yang baik. Kami, BPC IHKA Solo Raya tergerak untuk mengajak masyarakat agar lebih sadar akan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sampah,"katanya.


Pria yang akrab disapa Yono ini menghimbau kepada seluruh peserta kegiatan agar turut mengajak pengunjung car free day untuk berpartisipasi. 


"Kami memberi contoh, mengingatkan, dan juga menegur pengunjung lain yang membuang sampah sembarangan, besar harapan kami agar budaya membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan segera terwujud,"terangnya.


Salah satu peserta kegiatan ini,  Adhiesta yang juga seorang karyawan dari hotel Alila Solo mengatakan bahwa sangat senang dapat menjadi bagian dari kegiatan positif ini.


"Sangat senang dan bangga dengan kegiatan ini. Saya berharap kegiatan ini dapat terus berjalan rutin,"ucapnya.


Selain dapat bersilaturahmi antar anggota, saya juga mendapat tambahan semangat untuk menyebarkan budaya buang sampah pada tempatnya. Saya juga senang dapat berguna bagi lingkungan. 


"Semoga kota Solo semakin bersih dan nyaman untuk dikunjungi,"ungkap Adhiesta.


Di sesi akhir acara, Lanjar Suyono menyampaikan ucapan terimakasih dan agenda kegiatan IHKA Solo Raya selanjutnya.


"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas partisipasi masyarakat dan semua anggota IHKA yang telah berpartisipasi mensukseskan kegiatan sosial ini."


"Semoga semangat ini berlanjut sampai kegiatan kami selanjutnya. InsyaAllah bulan Agustus 2023 nanti akan ada pelatihan untuk semua anggota IHKA SoloRaya, dan di bulan September 2023 akan ada Gathering dalam rangka HUT IHKA Solo Raya yang Ke 6,"harap Yono.(*)

Iklan