Iklan

Iklan

,

Iklan

Keren!! Dusun di Banjarnegara ini Merupakan Las Vegasnya Desa, ini Faktanya

 Admin : Iwan Setiawan
Kamis, 29 Juni 2023, 09:16 WIB Last Updated 2023-06-29T02:16:36Z

 

Masjid Abu Bakar Ash Sidiq di Dusun Purwasari merupakan masjid terbesar di kecamatan Purwareja Klampok


Laporan: Iwan Setiawan


BANJARNEGARA, harian7.com - Diungkapkan Agus Supriyono, Kepala Desa Klampok, Dusun Kiringan atau lebih dikenal Purwasari merupakan salah satu dusun di Desa Klampok, Kecamatan Purwareja Klampok, Kabupaten Banjarnegara yang dikenal sebagai pusat perekonomian desa.


Dusun Purwasari diketahui merupakan sentra pembuatan tahu, makanan yang berbahan dari tepung terigu serta ketupat landan, aneka sate dan beberapa kuliner lainya untuk menunjang perekonomian masyarakat.


"Dibidang kebudayaan tidak perlu diragukan lagi karena telah ada kesenian Ebeg dan seni tari aplang yang sudah sangat legendaris," tutur Agus Supriyono, Kamis (29/6/2023).

Untuk keagamaan Dusun Kiringan tidak perlu diragukan lagi, karena telah berdiri kokoh masjid terbesar di Kecamatan Purwareja Klampok, yakni Masjid Abu Bakar Ash Sidiq dan tercatat ada 5 mushola yang selalu dipenuhi jama'ah.


"Sementara di bidang olahraga, Dusun Kiringan telah mencatatkan  sejarah sebagai penyelenggara even turnamen sepakbola Serayu," kenangnya.


Arif Hermawan, salah satu tokoh Dusun mengungkapkan, berbicara Dusun Kiringan, belum lengkap jika tidak merambah di bidang pendidikan, dusun yang dahulu pernah dikatakan sebagai kasta terendah ini kini telah berdiri MI Negeri 1 Banjarnegara dengan 450 siswa serta sebagai sekolah favorit. Serta sejarah awal berdirinya namanya Madrasah ibtidaiyah Islamiyyah.


Tidak mau ketinggalan jika dusun ini juga memiliki wisata yang cukup dikenal yakni makam Adipati Warga utama yang dikenal sebagai wisata religi, namun sayang belum ada perhatian dari pemerintah daerah Kabupaten Banjarnegara.

Jutukunci makam Adipati Warga Utama 


"Di dalam komplek makam Adipati Warga utama juga telah dikebumikan banyak tokoh penting seperti, makam R. Sumandar pengusaha batik sekaligus paman dari R. Sutejo pengarang, komponis, seniman Banyumas. Salah satu lagunya yang terkenal "Di Tepinya Sungai Serayu"," pungkasnya.


"Menurut saya Dusun Kiringan bisa dikatakan Las Vegasnya Desa Klampok karena semua tersedia di dusun ini," imbuhnya.

Warga Dusun Kiringan dalam moment Gotong royong 


Sementara Sunarko Ketua RW 03 mengatakan jika kerukunan dan kebersamaa dalam bermasyarakat di Dusun Kiringan tidak perlu diragukan lagi.


Hal ini terbukti jika Dusun Kiringan mampu menggelar event tahunan yang sangat meriah di Hari kemerdekaan RI yang bertempat di lapangan Desa Klampok.


"Selain itu, dusun kami juga menggelar pengajian akbar di depan komplek makam Adipati Warga Utama secara swadaya, intinya dari warga dikembalikan untuk masyarakat Dusun Kiringan," ujarnya.**




















Iklan