Iklan

Iklan

,

Iklan

Idul Adha 1444 H, Polres Salatiga Kurbankan 5 Ekor Sapi dan 8 Ekor Kambing

Redaksi
Kamis, 29 Juni 2023, 14:30 WIB Last Updated 2023-06-29T07:30:28Z


Laporan: Muhamad Nuraeni


SALATIGA  | HARIAN7.COM - Keluarga besar Polres Salatiga dan jajarannya beribadah kurban  8 ekor kambing dan 5 ekor sapi pada momen hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah.


Penyembelian pertama yakni sapi kurban dari Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan dan keluarga.


Saat penyembelihan disaksikan langsung oleh Kapolres dan Pejabat Utama Polres Salatiga.


Sebelum disembelih, hewan kurban telah diperiksa kelayakan dan kesehatannya oleh dokter hewan dan semuanya dinyatakan dalam keadaan sehat dan layak untuk menjadi hewan kurban.


Kasi Humas Polres Salatiga, Iptu Henri Widyoriani mengatakan, pemotongan hewan kurban dilaksanakan uaai pelaksanaan sholat Idul Adha di alun-alun lapangan Pancasila Kota Salatiga.


"Polres Salatiga dan jajaran menyembelih menyembelih 5 ekor sapi dan 8 ekor kambing hewan kurban. Namun yang disembelih  di Polres Salatiga hanya 4 ekor sapi,"katanya, Kamis (29/6/2023).


Nantinya daging hewan kurban akan dibagikan langsung kepada keluarga besar anggota Polres Salatiga, para purnawirawan dan warga masyarakat yang berhak.


"Kita harapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang menerima dan menjadi ladang amal bagi anggota Polres Salatiga yang melaksanakan kurban,"ucap Iptu Henri.



Iptu Henri menjelaskan, adapun hewan kurban lainnya diserahkan dalam kondisi belum disembelih yaitu 1 ekor sapi yang diberikan kepada Ponpes  Masyitoh Tingkir Pimpinan  H. Nasyir Asyari,  1 Ekor Kambing ke Ponpes Darul Muhajirin Tingkir,  1 ekor kambing ke Ponpes Hidayatul Mubtadien Kalibening Tingkir, 1 Ekor Kambing ke pimpinan Yapis Tingkir,  1 ekor kambing ke takmir Masjid Rusunawa TB II  Salatiga, 1 Ekor  Kambing ke Ponpes Al-Falah, 1 Ekor kambing ke ketua FKUB  KH. Nurrofiq, 1 Ekor Kambing  ke Takmir Musholla Al Huda Watubelang Noborejo dan 1 ekor kambing ke ketua PCNU Cabang Salatiga KH  Sonwasi.


"Sebelum dipotong hewan kurban diperiksa kesehatannya oleh drh FDH Priyono Teguh Widyatmoko SH, kemudian setelah disembelih organ dalam juga diperiksa satu persatu secara teliti dan dinyatakan bahwa hewan kurban dalam kondisi sehat dan daging layak konsumsi," jelasnya.


Kapolres Salatiga, AKBP Feria Kurniawan mengatakan, untuk teknis pembagian daging kurban akan dibagikan langsung kepada masyarakat yang berhak menerima.


"Idul Adha tentu menjadi momen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Berkurban merupakan kewajiban bagi umat muslim yang mampu dan dengan berkurban serta berbagi daging akan meningkatkan tali persaudaraan dengan sesama, sekaligus bentuk kepedulian dan perhatian Polri khususnya Polres Salatiga bagi warga masyarakat yang berhak,"pungkas AKBP Feria.(*)

Iklan