Iklan

Iklan

,

Iklan

Bukti Toleransi, Romo Gereja Santo Antonius Ikut Pengamanan Sholat Idul Adha

Biro Kedu: Ady Prasetyo
Rabu, 28 Juni 2023, 14:27 WIB Last Updated 2023-06-28T17:38:26Z
Simbol toleransi yang indah: Kapolsek Muntilan AKP Abdul Muthohir, S.H, M.H ketika memimpin pengamanan Shalat Idul Adha di lapangan Pemda Muntilan serta kehadiran Romo Ale SJ menjadi salah satu simbol toleransi yang indah di Kabupaten Magelang, khususnya di wilayah Kecamatan Muntilan. 

MAGELANG | HARIAN7.COM - Momentum perayaan hari keagamaan selalu pas sebagai wadah membangun toleransi antar umat beragama. Seperti momen perayaan Hari Raya Idul Adha 2023 di wilayah Kabupaten Magelang, Jateng, Rabu (28/6/2023).


Pada pelaksanaan Shalat Idul Adha di Lapangan Pemda Muntilan yang dilaksanakan pihak Muhammadiyah. Tampak di lokasi tersebut suasana toleransi yang indah diperlihatkan di lokasi itu. 


Tidak kurang dari 3.000 (Tigaribu) jamaah memadati Lapangan Pemda hingga meluber ke halaman Gereja Katolik Santo Antonius yang lokasinya tidak jauh dari lapangan itu.


Menariknya, Romo Dian Permana (Romo Ale SJ) dari Gereja Katolik Santo Antonius Muntilan turut serta bergabung dalam menjaga keamanan. Bahkan ikut menyambut para ummat muslim yang datang Shalat Idul Adha dan menyalami jamaah. 


Kapolsek Muntilan Polresta Magelang Polda Jateng AKP Abdul Muthohir, S.H, M.H ditemui di lokasi saat memimpin pengamanan Shalat Idul Adha di lapangan tersebut mengatakan kehadiran Romo Ale SJ salah satu simbol toleransi yang indah di Kabupaten Magelang, khususnya di wilayah Kecamatan Muntilan. 


"Adem rasanya. Pelaksanaan Shalat Idul Adha ini kita hadir melakukan pengaman bersama Romo Ale SJ. Inilah wujud toleransi dalam beragama," kata AKP Thohir. 


Selain dihadiri Romo, pihak gereja setempat juga memfasilitasi lokasi parkir roda dua dan roda empat bagi para ummat muslim yang datang Shalat Idul Adha di halaman gereja. 


Menurut Kapolsek Muntilan, kegiatan seperti ini menunjukkan betapa pentingnya keberagaman dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat. Para pemimpin agama seperti yang tunjukkan oleh Romo Ale merupakan contoh yang baik bagi generasi muda dan masyarakat luas.


Sementara itu, panitia menyebutkan bahwa jumlah jamaah yang ikut Shalat Idul Adha di Lapangan Pemda sebanyak 3.000 dengan Imam dan Khotib Shalat Idul Adha yakni Ustad Dr. H. Immawan Wahyudi, Dosen Universitas Ahmad Dahlan DIY.

Iklan