Iklan

Iklan

,

Iklan

Laksanakan Ritual Tudhong, 32 Biksu Bermalam di klenteng Hok Tik Bio Ambarawa

Redaksi
Selasa, 30 Mei 2023, 08:29 WIB Last Updated 2023-05-30T01:29:44Z
Salah satu perwakilan biksu ketika disambut Kapolres Semarang dan Bupati Semarang, di Klenteng Hok Tik Bio, Senin (29/5) malam. 


UNGARAN | HARIAN7.COM - Sebanyak 32 Biksu atau Bhante yang melaksanakan ritual Tudhong, yaitu berjalan dari Thailand menuju Candi Borobudur di Magelang, Senin (29/5) memasuki wilayah Kabupaten Semarang. 


Rombongan yang sedianya akan merayakan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur pada 1 Juni 2023 ini mendapatkan penjagaan sebanyak 125 personil Polres Semarang. 


Rombongan yang tiba di Klenteng Hok Tik Bio sekitar pukul 19.30 Wib tersebut, diterima langsung jajaran Forkopimda Kab. Semarang dengan pengalungan bunga kepada ketua rombongan oleh Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha SH. MH. didampingi Kapolres, Dandim 0714/Salatiga dan Kajari Kab. Semarang. 


Serta nampak Wakil DPRD Kab. Semarang yang juga tokoh masyarakat Kec. Ambarawa The Hok Hiong, ketua Forum Kerukunan Umat Beragama, para tokoh agama dan tokoh masyarakat


Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra mengatakan, Rombongan malam ini menginap di klenteng Hok Tik Bio dan esok hari akan melanjutkan perjalanannya kembali menuju Magelang. 


Kapolres menambahkan, Tentunya personil Polres Semarang kami siagakan di Polsek Ambarawa untuk mengamankan serta mengawal perjalanan ke arah Magelang esok hari.


"Hari ini tadi para Bhante atau Biksu yang melaksanakan ritual Tudhong memasuki wilayah Polres Semarang, Polres Semarang menerjunkan 125 personil untuk mengamankan jalannya ritual Tudhong tersebut. Selain itu kami juga dibantu jajaran TNI dari Kodim 0714/Salatiga, Satpol PP dan Dishub, serta relawan maupun Ormas di Kab. Semarang,"ujarnya.


Sementara itu, Bupati Semarang Ngesti Nugraha memberi penghormatan dan mendoakan agar para Bante lancar dalam perjalanan menuju Candi Borobudur di Magelang.


"Semoga para biksu diberi kesehatan, keselamatan dan diberkati Tuhan. Selamat sambut Hari Waisak," pungkasnya. (Andi Saputra) 

Iklan