Iklan

Iklan

,

Iklan

Bermalam di Vihara Adi Dharma, Rombongan Bikhhu Thudong Bersama Umat Buddhis Beribadah di Tay Kak Sie Semarang

Redaksi
Senin, 29 Mei 2023, 17:39 WIB Last Updated 2023-05-29T17:17:36Z
Rombongan Bhikhhu Thudong saat beribadah di Klenteng Tay Kak Sie Jalan Gang Lombok, Kelurahan Kauman, Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang, Senin (29/5).


SEMARANG | HARIAN7.COM - Rombongan Bhikhhu Thudong dari Asean melanjutkan perjalanannya dari Vihara Adi Dharma menuju ke Klenteng Tay Kak Sie Jalan Gang Lombok, Kelurahan Kauman, Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang, Senin (29/5).


Setelah bermalam di Vihara Adi Dharma, para Bhante atau Bikhhu ini kembali memulai perjalanannya pukul 05.00 WIB. Setiap langkah menuju ke Kelenteng Tay Kak Sie, masyarakat Kota Semarang menunggu di tepi jalan untuk memberikan minuman, makanan dan kebutuhan lainnya.


Para Bhante dengan langkah cepat tiba di lokasi tujuan dan disambut ribuan umat Buddhis dan masyarakat Kota Semarang. Para umat Buddhis langsung menyambut kedatangan para Bikhhu dengan melakukan basuh atau cuci kaki.


Selang beberapa saat, para Bhante kemudian masuk di tempat peribadatan Kelenteng Tay Kak Sie untuk berdoa bersama para umat. Beberapa ibadah seperti pembacaan parrita dan sanghadana dilakukan bersama-sama secara khidmat.


Salah satu umat, Bayu Nugroho mengatakan  terharu bisa beribadah bersama dengan Bhikhhu atau Bhante Thudong. Ini adalah pertama kali dalam hidupnya bisa berdoa bersama dengan tokoh agama terkemuka.


"Kami menunggu dan tiba di sini sebelum jam 05.00 WIB. Ini adalah momen yang kami nantikan,"ujarnya.


Menurutnya, telah mempersiapkan kedatangan para Bhante di Kota Semarang. Dia dan umat lainnya bahkan selalu menunggu perjalanan para Bhikhhu sejak di Thailand.


"Memang dinantikan bahkan sejak awal start di negara asalnya kita sudah monitor," jelasnya. 


Sementara itu, Kepala Operasional Klenteng Tay Kak Sie, Andre mengucapkan rasa bangganya bisa menyambut para Bhante Thudong yang akan melakukan ibadah waisak di Candi Borobudur Magelang. Saat mampir di Tay Kak Sie, para Bhikhhu disambut meriah oleh masyarakat.


"Antusias umat cukup bagus dan toleransi sangat tinggi. Kalau dilihat bukan hanya umat budha tapi berbagai agama ikut berpartisipasi untuk melancarkan kegiatan ini karena ini bukan sekerdar acara umat buddha taoi Indonesia," ujarnya.


Para Bhikhhu Thudong kembali melanjutkan perjalanannya sekira pukul 08.15 WIB. Tujuan selanjutnya yakni Wihara Sima 2500 Buddha Jayanti Bukit Kassap.


Ketua 2 DPD Walubi Jateng Tanto Harsono menuturkan, di lokasi itu para Bhikhhu akan melakukan pemberkatan dan pembangunan kembali vihara terkena longsor. Dia juga mengakui banyak masyarakat yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.


"Disana pemberkatan rencana untuk pemangunan kembali vihara yang kena longsor. Semua senang sekali bukan hanya biksu, teman-teman luar negeri suprise ternyata begini Indonesia,"pungkasnya.(Andi Saputra) 

Iklan