Iklan

Iklan

,

Iklan

Cetak Pemimpin Berkualitas, 206 Kader PP Ikuti Diklat Kaderisasi MPW Jawa Tengah

Redaksi
Senin, 27 Februari 2023, 17:34 WIB Last Updated 2023-02-27T11:53:21Z
Kader Pemuda Pancasila saat mengikuti diklat kaderisasi kualifikasi kader madya ormas pemuda pancasila Provinsi Jawa Tengah di Pusdiklat Binmas POLRI Banyubiru, Ambarawa, Jumat sampai Minggu (24-26/2/2022).


AMBARAWA |HARIAN7.COM - Sebanyak dua ratus enam kader Pemuda Pancasila, terdiri pengurus dan anggota MPW, perangkat organisasi, badan-badan dan lembaga, hingga MPC dan PAC mengikuti  Diklat Kaderisasi Kualifikasi Kader Madya Ormas Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Tengah di Pusdiklat Binmas POLRI Banyubiru, Ambarawa, Jumat sampai Minggu (24-26/2/2022).


Acara dengan tema mencetak kader Pemuda Pancasila yang menjalankan AD-ART, Peraturan Organisasi, Juklak, setia pada pemimpin dan ikrar Pemuda Pancasila, bersikap ksatria menjaga marwah, memiliki jiwa korsa, setia pada panji-panji Pemuda Pancasila sampai tingkat basis.


Hadir langsung Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Tengah H. Bambang Eko Purnomo, SE, SH, Sekretaris Wilayah Muh. Husni R, Bendahara MPW Jateng Yearzy Fardian, wakil-wakil ketua MPW, MPO, dan fungsionaris MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Tengah. 


Turut hadir Dhiah Kunthini Ethikawati, wakil sekretaris jenderal bidang kaderisasi MPN Pemuda Pancasila beserta jajaran pengurusnya, dan Badan Pelaksana Kaderisasi MPN, beserta jajaran instruktur dan narasumber pemateri maupun dari unsur TNI-POLRI.


Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Tengah, H. Bambang Eko Purnomo, SE, SH. mengatakan, antusias peserta dalam mengikuti kaderisasi ini merupakan representasi bahwa Ormas Pemuda Pancasila di Provinsi Jateng menjadi ormas yang diminati dan bersahabat dengan masyarakat. 


"Saya senang peserta yang hadir banyak yang muda-muda dan peserta yang banyak ini menandakan bahwa Pemuda Pancasila di Jawa Tengah berada di hati masyarakat," ujarnya. 


Bambang juga mengapresiasi Ketua BPK MPW dan Anggotanya  yang membuat terobosan dan prestasi untuk MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jateng, dengan melaksanakan Diklat Kaderisasi Berkolaborasi Silabus Dan Materi Serta Instruktur Dengan Pihak Pusdiklat Lemdik Binmas POLRI Banyubiru Kab Semarang sehingga melahirkan bahan ajar pendidikan dan pelatihan yg sangat lengkap serta bermanfaat.


Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Badan Pelaksana Kaderisasi Pemuda Pancasila MPW Provinsi Jawa Tengah, Donny Indrawan, S.sos menuturkan, Kegiatan Kaderisasi ini dilaksanakan dengan kualifikasi tingkat madya. 


"Sebagaimana diketahui, kaderisasi PP merupakan program pendidikan dan pelatihan kader, dari materi kesamaptaan, PBB, beladiri, supremasi hukum, pengarustamaan gender, wawasan kebangsaan, geo politik, public speaking, dan materi-materi kebangsaan lainnya,"ucapnya.


Menurutnya, Bagi anggota yang telah mengikuti kaderiasi statusnya menjadi anggota kader peserta yang telah mengikuti rangkaian materi kegiatan dan menyelesaikan tugas-tugas diklat maka akan diberikan penilaian.


"Setelah dinyatakan lulus akan mendapatkan pin emblem kebanggan Pemuda Pancasila dan sertifikat kader dari Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila yang ditandatangani oleh ketua umum dan sekjen MPN," jelasnya. 


Setelah acara di buka, peserta langsung mengikuti setiap materi yang di siapkan oleh Badan Pelaksana Kaderisasi dari Majelis Pimpinan Nasional juga mendatangkan nara sumber langsung dari instansi sebagai narasumber penyampai materi. 


Selain materi berkaitan dengan keorganisasian, kepemimpinan, juga ada materi tentang kewirausahaan, manajemen, peserta juga di didik kesamaptaan, kedisiplinan dan PBB. Diharapkan peserta setelah mengikuti Diklat  kaderisasi ini bisa menjadi pemimpin yg berkualitas. Setelah tiga hari acara diakhiri dengan di tutup janji kader. 


Penulis : Ratmaningsih

Editor   : Andi Saputra

Iklan