Iklan

Iklan

,

Iklan

Kades Bukateja Gelar Tasyakuran, Warga Dihibur Pagelaran Kuda Lumping

Redaksi
Minggu, 29 Januari 2023, 21:12 WIB Last Updated 2023-01-29T14:12:42Z


Laporan: Wahyudin | Kontributor Purbalingga


PURBALINGGA | HARIAN7.COM  – Warga Desa Bukateja Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga menggelar tasyakuran, yang dipusatkan di halaman Pelataran KUD, Minggu (29/01/2023).


Selama acara berlangsung diwarnai dengan seni budaya kuda lumping, Taruna Budaya dari desa Bukateja, yang di pimpin oleh Handoyo.


Maka tak heran kalau prosesi pagelaran pada hari ini tersebut dibanjiri warga setempat bahkan warga luar desa, Dan hal tersebut dibenarkan oleh Kades Desa Bukateja  Sugiharto, yang sapaan akrabnya Harto.


Menurut kades Bukateja Sugiharto,  prosesi tasyakuran yang dikemas melalui tasyakuran dan pagelaran seni budaya kuda lumping itu.Menurutnya  selain mengumpulkan warganya, sekaligus tradisi seni budaya kuda lumping itu agar tetap dilestarikan dan di uri-uri."katanya.


” Kami berharap untuk masyarakat Desa Bukateja bisa bersinergi, untuk kemajuan desa ini. Mulai dari budayanya, setidaknya kita bisa menciptakan suasana yang dingin dan tentram di desa Bukateja tercinta ini,” harapnya.


Dengan begitu, Sugiharto, juga mengaku tak akan alergi dengan kritik maupun saran dari warga , jika ada kebijakan – kebijakan yang perlu diluruskan.


"Saya siap menerima krititik, yang penting  semua itu untuk kebaikan dan untuk membangun Desa Bukateja kedepannya yang lebih baik,” ujarnya.


Yang perlu diketahui,ujar Harto, terkait kesenian kuda lumping yang digelar, menurutnya saat ini berhasil membuat para penontonnya tercengang dalam menyaksikan sebuah kebudayaan khas warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang berada di suku Jawa. 


” Kendati peninggalan budaya ini mulai bersaing ketat oleh masuknya kebudayaan asing yang mulai masuk ke tanah air , tetapi kesenian ini masih bisa memperlihatkan daya tarik tersendiri,” tegasnya.


Oleh karena itu, tegas Harto, terkait syukurannya yang dikemas dengan pagelaran seni kuda lumping tersebut, Menurutnya berhasil mengumpulkan warga desa setempat.


Turut hadir dalam acara tersebut, kades Bukateja(Sugiharto), anggota polsek Bukateja, ketua PP PAC kecamatan Bukateja(Marsono), ketua RT 01 Bukateja(Suherlan).

Iklan