Iklan

Iklan

,

Iklan

Nugroho Aldi: Bermain Lato-Lato Dapat Mengurangi Ketergantungan Gadget Pada Anak

 Admin : Iwan Setiawan
Jumat, 30 Desember 2022, 17:53 WIB Last Updated 2022-12-30T11:18:21Z

 

Istimewa


Laporan: Iwan Setiawan


BANJARNEGARA, harian7.com - Belakangan ini mucul kembali permainan anak Jaman Dahulu (Jadul) dan viral di media sosial Tik Tok, Yakni lato-lato atau lebih di kenal Etek-etek.


Permainan tradisional ini banyak dimainkan oleh seluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.


Seperti diketahui sejumlah fakta lato-lato mainan anak yang viral mulai dari asal-usul hingga cara bermainnya. Mainan tersebut berupa dua bola yang cukup berat disambung dengan seutas tali.



Nugroho Aldi Ketua Karang Taruna Maju Sejahtera Desa Klampok mengatakan, jenis permainan tradisional yang bisa ditemukan di indonesia. Lato-lato ini sangat ikonik sejak jaman 1990an, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pedesaan. 


"Permainan tradisional ini sempat populer saat saya duduk dibangku sekolah dasar, jika sekarang muncul kembali saya rasa menjadi hal yang positif, kerena  bisa mengurangi ketergantungan gadget pada anak," katanya, Jum'at (30/12/2022).


Nugroho  Adi menambahkan, Saat permainan ini dimainkan secara bersama dengan teman-teman, akan memberikan dampak positif yang meningkatkan perkembangan sosio emosional tentunya hal ini juga akan memberikan pengaruh kepada kecerdasan emosional anak-anak.


"Permainan lato-lato juga memiliki sisi negatif, yakni dapat menimbulkan tangan memar, kepala benjol jika terkena kepala," pungkas Bakal caleng 2024 dari partai PKS.

Iklan