Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Kudus Beri Jaminan Pelayanan Kesehatan bagi Santri dari Luar Kota, Itu Kata Bupati

Redaksi
Senin, 31 Oktober 2022, 16:32 WIB Last Updated 2022-10-31T09:32:09Z
Istimewa.


KUDUS,harian7.com – Pemerintah Kabupaten Kudus berkomitmen memberikan jaminan kesehatan bagi para santri luar kota, yang mengenyam pendidikan di Kudus.


Bupati Kudus Hartopo menyampaikan, kebijakan tersebut merupakan yang pertama di Indonesia. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, untuk mewujudkan kebijakan itu.


Mekanismenya, kartu anggota BPJS Kesehatan yang dimiliki santri dari luar kota, bisa digunakan di Kabupaten Kudus.


“Melihat banyaknya santri luar kota yang mondok di Kudus, kami berkomitmen agar pelayanan kesehatan terbaik bagi santri. Ini inovasi pertama di Indonesia,” tuturnya usai menyerahkan doorprize dalam Mlampah Sareng Santri di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu (30/10/2022).


Terkait kegiatan Mlampang Sareng Santri, bupati mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut, yang menggandeng pelaku UMKM untuk berjualan di sekitar alun-alun. Dengan adanya partisipasi 15 ribu santri, kegiatan tersebut berdampak positif untuk mendongkrak pendapatan para pelaku UMKM.


“Luar biasa santri yang ikut sampai belasan ribu. Bisa ikut nglarisi UMKM yang buka stan,”ucapnya.


Menurutnya, bazar UMKM sejalan dengan kebijakannya, yang menargetkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kudus pada 2023, yakni sekitar 2,5 persen. Untuk itu, pihaknya juga akan menggelar bazar UMKM dan pasar murah di sembilan kecamatan lainnya, sehingga meningkatkan ekonomi kerakyatan.


“Kegiatan seperti ini sangat inovatif ya. Sejalan dengan misi membangkitkan UMKM usai badai pandemi kemarin banyak UMKM yang terdampak,” terangnya.


Santri dari MTs NU Banat, Fazan, mengaku senang dengan kebijakan baru pelayanan kesehatan di Kudus. Selama ini, santri dari Semarang ini mengaku tetap membayar, apabila memeriksakan diri di fasilitas kesehatan Kudus.


“Senang sekali, jadi kalau mau periksa pakai kartu BPJS Kesehatan bisa di Kudus. Nggak perlu jauh-jauh pulang dulu,” ungkapnya.(Hum)

Iklan