Iklan

Iklan

,

Iklan

Naik Predikat Dari Polres Tipe D Ke Tipe C, Polres Magelang Berubah Nama Menjadi Polresta

Biro Kedu: Ady Prasetyo
Jumat, 30 September 2022, 17:58 WIB Last Updated 2022-09-30T11:15:03Z
Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun didamping Kabagops AKBP Maryadi dan Kasat lantas Polres Magelang AKP Satrio Bagus Wira Wicaksana ketika memberikan keterangan kepada awak Media. 


MAGELANG, harian7.com - Setelah resmi mendapatkan kenaikan Predikat polres Tipe D menjadi polres Tipe C, kini polres magelang berubah status nama menjadi Polresta Magelang. Hal ini disampaikan Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H, S.I.K pada, Jumat (30/9/2022) dihadapan para Wartawan. 


"Untuk kenaikan tipe dari Polres menjadi Polresta ini sudah keluar tinggal menunggu hari untuk di upacarakan. Selain Kabupaten Magelang, di Jawa Tengah ini ada 3 polres yang naik tipe bersama dengan Magelang antara lain yakni Pati dan Cilacap," Jelas Sajarod. 


Kapolres menambahkan kenaikan tipe ini karena salah satu indikatornya bahwasanya di wilayah hukum polres magelang terdapat kawasan super prioritas yakni Candi Borobudur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.


"Disitu perlunya penguatan daripada polres untuk mengamankan. Sehingga perlu ditingkatkan dengan penambahan jumlah anggota, sarana dan prasarana pun juga akan ditambah. Kalau Polsek tetap tetap Polsek cuma jumlah personilnya, adapun prasarana dan anggaran dan sebagainya nanti akan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan Polresta Magelang," Tandasnya. 


Untuk saat ini di polres magelang ada sejumlah 995 personil yang bertugas. Sementara dari yang ditentukan standarnya untuk polres sendiri itu 1500 sehingga perlu penambahan kurang lebih 500 personil. 


"Dengan adanya kenaikan tipe itu setiap polresta juga akan membutuhkan 1.800 personil sehingga akan ada penambahan. Kemarin hasil koordinasi kami di tingkat Polda itu akan ditambah sejumlah 300 Personil lagi," Rinci Kapolres. 


Disinggung mengenai jajaran Kepolisian Sektor (Polsek), Sajarod Zakun menjelaskan jika di wilayah hukum polres magelang pada masing-masing polsek belum ada yang naik tipe. 


"Kedepan kemungkinan akan dinaikkan tipenya karena saat ini sedang kita godok untuk kita usulkan beberapa Polsek yang akan naik tipe antara lain Polsek Borobudur itu jelas yang kedua Muntilan dan Mertoyudan juga pengesahan akan kita laksanakan sekitar awal bulan Oktober ini," Pungkasnya. (*)

Iklan