Iklan

Iklan

,

Iklan

Melalui ‘Program 3in1’ DPC GERAM Salatiga & LPK Mutiara Gelar ‘Pelatihan Kerja’, Ini Harapanya?

Redaksi
Rabu, 28 September 2022, 18:15 WIB Last Updated 2022-09-28T11:15:12Z

Ketua DPC GERAM Kota Salatiga Ohan Hia didampingi Wakil Ketua BW Heru S saat melihat langsung pelatihan kerja di LPK Mutiara Bawen.



Lapora: Bang Nur


UNGARAN,harian7.com – Dalam rangka memberikan dorongan dan semangat kepada peserta pelatihan kerja khususnya menjahit, Ketua DPC GERAM (Gerakan Rakyat Anti Madat) Kota Salatiga Ya’Ohahao Hia didampingi Wakil Ketua BW Heru Santoso mengunjungi langsung pusat pelatihan di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) ‘Mutiara’ Bawen, Kabupaten Semarang pada Rabu (28/9/2022) siang. 


Kunjungan ini diterima langsung pengurus dan instruktur pelatihan LPK Mutiara.


“Salah satu upaya DPC GERAM Salatiga dalam melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah membantu pemerintah mengurangi pengangguran serta memberikan pendidikan yang layak bagi masyarakat,"katanya.


Dari sini,lanjut dia, DPC GERAM Salatiga memulainya dengan menjalin kerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) ‘Mutiara’ Bawen Kab Semarang terkait dengan fasilitas pelatihan kerja. 


Selain itu, juga menyalurkan kerja ke sejumlah perusahaan di wilayah Jawa Tengah, serta membantu proses pendaftaran untuk kuliah di perguruan tinggi di Jateng.


Program ini, kita namakan “Program 3in1” artinya, “kuliah – pelatihan kerja – dan bekerja”. 


"Sampai sekarang ini telah banyak peserta dari berbagai daerah di Jateng dan luar Jawa yang kita bantu,” terang Ketua DPC GERAM Kota Salatiga Ohan Hia, disela kunjungan di LPK Mutiara Bawen.


Ditambahkannya, nantinya jika peserta itu berasal dari luarkota atau pun luar pulau Jawa maka disediakan mess dalam mengikuti pelatihan kerja ini. 


Selain membantu anak-anak yang ingin kuliah di perguruan tinggi, juga membantu orangtua dalam pembiayaan kuliah karena anaknya dilatih untuk dapat mandiri. Untuk itu, Ohan Hia berpesan kepada peserta pelatihan agar serius dan selalu semangat untuk kuliah dan bekerja.


“Kami berharap, peserta pelatihan ini dapat menjadi generasi penerus bangsa dengan hidup sehat tanpa narkoba dan menjadi contoh yang lain. Untuk itu, DPC GERAM Salatiga & LPK ‘Mutiara’ ini juga membuka kesempatan kepada para lulusan SMA/SMK di Jateng ini yang berkeinginan untuk kuliah dan bekerja, maka kami siap membantu dan menjalin kerjasama,” ujarnya.


Sementara itu, Wakil Ketua DPC GERAM Kota Salatiga BW Heru Santoso menambahkan, bahwa selain menjalin kerjasama dengan LPK Mutiara dalam ‘Program 3in1’ ini, juga telah berjalan dengan bekerjasama dengan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Salatiga untuk pelatihan menjahit dan lainnya kepada warga binaan.


“Sebelum bekerjasama dengan LPK Mutiara Bawen dan sejumlah perguruan tinggi di Jateng, DPC GERAM Salatiga telah menjalin kerjasama dengan Rutan Salatiga dalam memberikan pelatihan kepada warga binaan di Rutan Salatiga dan ini sudah dilakukannya secara rutin,"kata Heru kepada harian7.com.(*)

Iklan