Iklan

Iklan

,

Iklan

Jumat Berkah Polda Jateng Berbagi, Polres Salatiga Ajak Mahasiswa dan Awak Media Bagikan Ratusan Paket Beras

Redaksi
Jumat, 30 September 2022, 16:01 WIB Last Updated 2022-09-30T11:22:07Z
Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana saat membagikan paket beras.


Laporan: Bang Nur


SALATIGA,harian7.com - Polres Salatiga bagikan ratusan paket beras kepada masyarakat  terdampak kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak), Jumat (30/9/2022).


Paket beras dibagikan langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana bersama PJU.


"Pemberian paket sembako ini sesuai instruksi Kapolri dan juga Kapolda Jawa Tengah untuk menaruh perhatian dan peduli terhadap warganya yang terdampak langsung atas kenaikan harga BBM,"kata AKBP Indra.



Diungkapkannya bahwa Polres Salatiga telah beberapa kali membagikan paket sembako atau beras kepada sejumlah kelompok terdampak.


"Saat ini bersama mahasiswa dan awak media kita bagikan paket beras masing masing 10 Kilogram."


"Saat pembagian kita berkeliling dengan sasaran awak angkutan, tukang ojek pangkalan, tukang ojek online, tukang becak dan pedagang kaki lima serta masyarakat lainnya yang terdampak kenaikan harga BBM,"terang Kapolres.


Dijelaskan Kapolres, pembagian bantuan sosial itu dilakukan dalam beberapa tim yang menyebar ke sejumlah lokasi dengan mengajak sejumlah elemen mahasiswa dan awak media dalam pembagian beras.


"Saat penyerahan paket beras juga disampaikan penjelasan terkait naiknya harga BBM bersubsidi. Bahwa kebijakan menaikan harga BBM bersubsidi diambil pemerintah dengan tujuan agar subsidi yang diberikan bisa lebih tepat sasaran,"terang Kapolres.


Karena sebelumnya subsidi yang diberikan juga dinikmati oleh kelompok masyarakat yang seharusnya tidak berhak.


"Subsidi dari pemerintah yang sebelumnya untuk BBM, saat sebagian dialihkan untuk bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat yang berhak menerima, sehingga diharapkan subsidi yang diberikan oleh pemerintah tersebut lebih tepat sasaran,"jelas Kapolres.


Kapolres menambahkan bahwa selain BLT berbagai skema bantuan dari pemerintah telah turun dan dinikmati masyarakat, diharapkan dengan berbagai skema bantuan tersebut dengan sama-sama kerja dan kerja sama-sama dapat pulih lebih cepat bangkit lebih kuat atas berbagai peristiwa selama beberapa tahun belakangan ini yaitu adanya pandemi Covid-19 dan kondisi global yang mengakibatkan harga BBM meningkat tajam.


Sukirno salah seorang tukang becak yang turut mendapatkan bantuan menyampaikan bahwa walaupun dirinya tidak terkait langsung atas kenaikan harga BBM namun dampaknya sangat ia rasakan. 


"Sekarang penumpang yang memanfaatkan jasa becaknya menurun drastis, sepi pak,"ungkapnya sembari mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterimanya.


"Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan seperti ini, minimal sudah ada yang dimasak ketika nanti pulang," ucapnya penuh syukur.


Hal senada juga disampaikan oleh Agus salah seorang tukang ojek online yang menyampaikan bahwa selain orderan turun sedikit kenaikan tarif juga belum sebanding dengan biaya operasional akibat naiknya harga BBM, sehingga bantuan ini bisa menambal kebutuhan sehari-hari.


Kegiatan Jumat Berkah Polda Jateng Berbagai yang dilaksanakan Polres Salatiga juga secara serantak dilaksanakan oleh Polsek Jajaran Polres Salatiga yaitu Polsek Tingkir, Polsek Sidomukti, Polsek Argomulyo dan Polsek Sidorejo, yang dilaksanakan diwilayah masing-masing.

Iklan