Iklan

Iklan

,

Iklan

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Kampung Wayang di Banjarnegara Gelar Grebek Suran

 Admin : Iwan Setiawan
Minggu, 31 Juli 2022, 08:16 WIB Last Updated 2022-07-31T03:47:32Z
Istimewa

Laporan: Iwan Setiawan


BANJARNEGARA,harian7.com - Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1444 H di beberapa daerah akan diadakan kegiatan untuk memperingatinya.



Kegiatan Tahun Baru Islam 2022 yaitu seperti acara pengajian maupun gelar budaya juga digelar untuk memperingati 1 Muharram 1444 H.



Tidak ketinggalan masyarakat Desa Kemranggon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, desa yang dikenal dengan kampung wayang ini juga menggelar kegiatan grebeg Suran.



Ratusan masyarakat datang dari tiga penjuru, tiga dusun menuju taman Maerokoco secara beriringan memanggul sebuah tenong yang dicat warna warni serta berisi jajanan pasar dan tumpeng  beserta lauk pauknya.



Berbagai rutual budaya dilaksanakan ditaman Maerokoco seperti Takiran atau saling tukar makanan satu dengan yang lain, saji suci dan atraksi tari Aplang serta ditutup dengan pegelaran wayang kulit semalam suntuk.


Istimewa


"Momen Takiran atau tukar takir melambangkan kebersamaan, kerukunanan, kogotong-royongan, serta untuk menjalin silaturahmi masyarakat Desa Kemranggon agar tetap terjalin dengan baik," tutur Andi Setiawan Kepala Desa Kemranggon, Sabtu (30/07/2022).


Upacara Grebek Suran ini, Lanjut Andi merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan di setiap tanggal 1 muharram atau 1 Suro untuk menyambut datangnya tahun baru islam 1444 H.


"Selama dua tahun tidak ada kegiatan karena terkendala pandemi dan saat ini sudah ada kelonggaran maka masyarakat bersemangat untuk menggelar kegiatan grebek Sadran yang lebih meriah darI tahun sebelumnya," pungkasnya.


Kegiatan grebek Suran di kampung wayang Desa Kemranggon di hadiri, Forkompimcam Susukan, Kabid Pariwisata dan Budaya Banjarnegara Nurvafif Krismiarto, Andi Setiawan, Paryanto kepala Desa Brengkok, tokoh masyarakat dan tokok agama di Desa Kemranggon.




Iklan