Iklan

Iklan

,

Iklan

Sambut 1 Suro Masyarakat Klampok Gelar Pengajian Akbar di Komplek Makam Adipati Warga Utama, Kekompakan dan Semangat Gotong-Royong Tetap Terjaga

 Admin : Iwan Setiawan
Sabtu, 30 Juli 2022, 00:29 WIB Last Updated 2022-07-29T17:53:12Z
KH. Basuki Rahmat

Laporan: Iwan Setiawan


BANJARNEGARA,harian7.com - Malam 1 suro atau 1 muharram menjadi malam yang sakral untuk masyarakat Jawa. Malam ini merupakan momen pergantian tahun baru dalam kalender Jawa.



Jika merujuk pada kalender Jawa, maka penetapan malam 1 suro 2022 bertepatan pada 29 Juli 2022 dimulai sore hari sesudah Maghrib.



Untuk memeriahkan dan menyambut tahun baru ini masyarakat dusun Purwasari, Desa Klampok, Kecamatan Purwareja Klampok, Kabupaten Banjarnegara menggelar Pengajian Akbar di komplek makam Adipati Warga Utama, Jum'at (28/07/2022) malam.



Hadir dalam pengajian akbar di Komplek Adipati Warga Utama Forkompimcam Kecamatan Purwareja Klampok, Agus Supriyono Kepala Desa Klampok dan tokoh masarakat serta tokoh agama Desa Klampok.



Pengajian di makam Komplek Adipati Warga Utama semakin meriah dengan menghadirkan KH. Basuki Rahmat dari Kabupaten Cilacap.



Dalam tausiyanya KH Basuki Rahmat menyampaikan bahwa di bulan Muharram banyak sekali momen sejarah dalam islam.

Istimewa

"Dengan adanya pengajian akbar menyambut bulan Muharram ini semoga masyarakat Desa Klampok selalu di berikan keberkahan baik di dunia maupun di akhirat" tuturnya.


"Saya berwasiat kepada bapak dan ibu semuanya agar lebih pintar dalam bertapa di bulan Muharram ini, bertapa itu artinya mengurangi segala-galanya" imbuhnya.



Sementara Agus Supriyono dalam sambutanya mengatakan, pemerintah desa sangat mengapresiasi kegiatan masyarakat dusun Purwasari dalam menggelar pengajian akbar di komplek makam Adipati Warga Utama.


"Mudah-mudahan kegiatan pengajian akbar ini bisa di gelar di setiap tahunya dan ditempat  yang sama, harapan saya kekompakan dan kegotong royongan masyarakat di Dusun Purwasari dan Desa Klampok pada umumnya  agar tetap terjaga," tutupnya.



Iklan