Iklan

Iklan

,

Iklan

Warga Dusun Dungwangan Gelar Merti Dusun, Serda Marsono: "Tradisi ini untuk menumbuhkan dan melestarikan semangat gotong royong"

Redaksi
Selasa, 28 Juni 2022, 13:47 WIB Last Updated 2022-06-28T06:47:54Z


UNGARAN,harian7.com - Warga Dusun Dungwangan Desa Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, menggelar acara tradisi merti dusun, Selasa (28/6/2022).


Bagi masyarakat Banyukuning, merti dusun sebagai simbol rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas diberikannya rejeki yang melimpah, keselamatan, ketentraman, serta keselarasan hidup di dunia.


Babinsa Banyukuning Koramil 17/Bandungan,Serda Marsono mengatakan,  acara ini sudah menjadi tradisi masyarakat Banyukuning."Semoga merti dusun dilaksanakan secara terus menerus (lestari) sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara merawat dan menjaga apa saja yang ada dilingkungan Dusun Dungwangan. Selain itu, semangat gotong royong harus di tumbuhkan dan dilesatrikan,"ungkapnya. 


Diungkapkanya, merti dusun bagian dari perwujudan rasa syukur. Upacara merti dusun acapkali juga terkait dengan ritual penghormatan kepada leluhur (nenek moyang), sehingga menghadirkan berbagai ritual simbolik terkait dengan tokoh dan riwayat yang diyakini menjadi cikal bakal keberadaannya sebagai pejuang dan babat alas desa.(Choerul)

Iklan