Iklan

Iklan

,

Iklan

Puncak HLUN 2022 di Tasikmalaya, Para Lansia Penyandang Disabilitas Terima Bantuan

Redaksi
Senin, 30 Mei 2022, 09:16 WIB Last Updated 2022-05-31T02:17:42Z
Istimewa.


TASIKMALAYA,harian7.com  - Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26, yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2022 berlangsung di Tasikmalaya, karena Kabupaten ini adalah kabupaten dengan lansia tunggal terbanyak. 


Kepala Sentra Antasena Magelang, MK Agung Suhartoyo menyatakan Lansia adalah bagian penting dalam masyarakat. Diantara mereka ada yang telah berjasa bagi negara. Perhatian dan kepedulian kita kepada mereka adalah bentuk perhargaan dan apresiasi.


 "Kehadiran kita hari ini semoga menjadi penyemangat mereka, memberikan kebahagiaan dan membuat mereka merasa hidupnya berarti," tutur Agung.


Kementerian Sosial melalui Sentra Antasena Magelang memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) kepada 220 lansia di Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Lanjut Usia 2022. 


"Bantuan yang diberikan masing-masing berupa bantuan paket sembako, nutrisi dan sandang, bantuan aksesibilitas, bantuan perlengkapan rutilahu dan bantuan kewirausahaan,"ungkapnya.


Diterangkan Agung, Mumu (69) menerima bantuan aksesibilitas berupa alat bantu dengar (ADB)."Ia elama ini ia tinggal sebatang kara karena anak-anaknya bekerja merantau jauh darinya. Dirinya adalah lansia dengan disabilitas sensorik dimana dirinya memiliki pendengaran yang kurang jelas,"terangnya.


Hal ini membuat komunikasi dalam aktifitas kesehariaannya terganggu, begitupun dengan aktifitas sosialnya, terlebih dirinya selama beberapa tahun ini hidup sendiri. 


"Dia juga kesulitan untuk mengakses layanan publik yang membutuhkan kejelian pendengaran. Bantuan ADB yang diberikan Kemensos sangat membantu Mumu menjalani aktifitas sehari-hari dengan normal,"kata Agung.


Sementara itu, Sajaah (80) lansia dengan disabilitas fisik yang tidak bisa berjalan ataupun melakukan aktifitas secara mandiri dan sangat bergantung kepada suaminya. 


"Sehari-hari saya hanya bisa duduk dan berbaring. Bantuan kursi roda yang saya terima ini sangat bermanfaat dan kini tidak lagi sepenuhnya bergantung kepada suaminya. Saya dan keluarga sangat senang atas bantuan kursi roda dari Kementerian Sosial. Kursi roda ini sangat membantu aktifitas istri saya sehari-hari dan juga meringankan tugas saya. Terima kasih kepada Kementerian Sosial atas bantuan dan kepeduliannya kepada keluarga saya," pungkasnya.


Bantuan diserahkan oleh Kepala Sentra Antasena Magelang, MK Agung Suhartoyo dan Camat Sodonghilir. Acara penyerahan bantuan berlangsung meriah di aula kantor desa Sodonghilir, dihadiri oleh Kepala Sentra Antasena Magelang, Camat Sodonghilir, Kepala Desa Sodonghilir, Kapolsek Sodonghilir, Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya. Acara dimeriahkan dengan paduan suara lansia Kecamatan Sodonghilir. Para lansia ini terlihat antusias dan bahagia.(Nar)

Iklan