Iklan

Iklan

,

Iklan

Kendaraan Pemudik Mulai Padati Rest Area KM 456 A

Redaksi
Sabtu, 30 April 2022, 18:25 WIB Last Updated 2022-04-30T11:25:52Z


Laporan: Bang Nur


UNGARAN,harian7.com - Ratusan kendaraan pemudik padati rest area KM  456 A, Sabtu (30/4/2022). Para pemudik yang beristirahat sejenak memilih memarkir kendaraannya di bahu jalan. Langkah ini dilakukan karena area parkir di rest area tersebut telah overload. 


Raymond Aditya, Property Management Head Resta Pendopo Km 456  mengatakan bahwa kapasitas normal kendaraan yang parkir sebanyak 77 mobil.


"Namun karena ini musim mudik dan ada lonjakan arus, bisa kita maksimalkan hingga 170 kendaraan,"katanya.


Raymond mengungkapkan lonjakan yang terjadi saat ini memang sangat signifikan. Dalam hari-hari biasa, jumlah kunjungan sekira 7.000 orang, namun saat ini bisa mencapai 30.000 bahkan bisa lebih. Menurutnya Resta Pendopo menjadi favorit pemudik karena menjadi tujuan istirahat setelah lelah berkendara. 


"Bisa dikatakan ini adalah titik tengah, atau titik lelah setelah berkendara dari wilayah Jabodetabek ke arah timur. Menempuh perjalanan lebih dari 5 jam.  Disini juga fasilitas yang tersedia komplit, ada tambahan bengkel dan SPBU modular juga," tambah Raymond. 


Kapospam 456 A, Iptu Muh Ali,  mengungkapkan, sejak Rabu (27/4/2022) sudah mulai ada peningkatan pemudik yang beristirahat. "Tapi hari ini memang sudah bertambah banyak. Bahkan sampai ada antrean untuk kendaraan masuk ke rest area," paparnya. 


Untuk rekayasa yang dilakukan, petugas melakukan buka-tutup akses ke rest area. "Setiap 10-15 menit sekali kita buka tutup, tapi ini kondisional tergantung arus," ungkap Ali.


Ali mengatakan, seluruh petugas dari kepolisan dan keamanan Resta Pendopo dikerahkan untuk memberi kenyamanan kepada pemudik.


 "Termasuk yang parkir di bahu jalan tersebut kita imbau untuk istirahat di rest area selanjutnya, tapi karena alasan kelelahan, sudah tidak fokus mengemudi, kita beri pengamanan," paparnya.

Iklan