Iklan

Iklan

,

Iklan

Efektifkan Jaring Pengaman Sosial, Pemdes Blongko Percepat Pencairan BLT DD 2022

Redaksi
Rabu, 30 Maret 2022, 18:23 WIB Last Updated 2022-03-30T11:26:20Z


Laporan: Indra Winarko

Editor: Budi Santoso | Kaperwil Jatim


NGANJUK,harian7.com - Guna mengefektifkan jaring pengaman sosial (JPS) serta memaksimalkan pendampingan penyusunan APBDes, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengambil langkah cepat pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa tahun anggaran 2022. 


Percepatan ini telah dilaksanakan dibeberapa wilayah, salah satunya penyerahan Bantuan Dana Desa Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) di Pendopo Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Rabu (30/3/2022).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Ngetos, Widi Cahyono, Kepala Desa Blongko, Gunawan, Pendamping Desa dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas.


Kemendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, mengatakan bahwa pada saat ini terbentur dengan polemik syarat minimal BLT Dana Desa 40 persen dari total keseluruhan Dana Desa.


Sementara, Kepala Desa ngetos, Gunawan saat di konfirmasi awak media  mengatakan, penyaluran BLT DD Desa Blongko TA 2022 diserahkan kepada 314 KPM. 


"Kita salurkan sebesar Rp 300.000,- perbulan selama 3 bulan, jadi masing-masing KPM menerima Rp 900.000,- hari ini," tuturnya.


Dalam penerimaannya, Desa Blongko lebih awal dari desa yg lain di kecamatan Ngetos yang telah mencairkan Dana BLT DD sebanyak 314 KPM. Kriteria penerima ini adalah warga terpilih yang sudah melalui verifikasi yang panjang melalui forum-forum musyawarah ditingkat RT atau RW dan telah disandingkan dengan warga penerima bantuan yang lain serta telah masuk kriteria penerima BLT DD. 



Kegiatan pembagian BLT DD berjalan lancar dan tertib serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, untuk kepentingan pertanggungjawaban atau SPJ, para KPM di beri nomor dada kemudian difoto 3 kali sesuai bulan Januari, Februari, dan Maret oleh PK Pemberdayaan sebagai PK yg membidangi.



Antrian saat kegiatan berjalan sangat kondusif dan sangat mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 Omicron.


Salah satu PKM mbahto, saat di jumpai di luar kantor Desa menyampaikan   Alhamdulilah (kulo bersukur matursuwun kalih pemerintah sampun   di paringgi bantuan BLT mugi mugi sanget dados berkah amergi sakniki pun wancine nyedaki ulan poso saget damel persiapan poso) 


Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan BLT, semoga menjadi berkah karena sekarang, kebetulan mendekati bulan Puasa, jadi bisa saya gunakan untuk persiapan menjalankan ibadah puasa, ungkapnya mbahto.


Perlu di ketahui di Desa Blongko terdapat sebanyak 314 KPM dan ini baru penerimaan pertama dari sembilan desa yang ada di Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Iklan