Iklan

Iklan

,

Iklan

Sambut Akhir Tahun, Ratusan Warga Binaan Rutan Salatiga Ikuti Kegiatan Belajar Menghafal Al Quran

Redaksi
Kamis, 30 Desember 2021, 23:08 WIB Last Updated 2021-12-30T16:08:22Z
Para warga binaan saat mengikuti kegiatan. 


Laporan: Bang Nur


SALATIGA,harian7.com - Kegiatan pelatihan dan pendidikan menghafal Al Quran, warnai jelang pergantian tahun, yakni tahun 2021 berganti ke tahun 2022. Dalam kegiatan tersebut diikuti ratusan warga binaan Rutan Kelas IIB, pada Kamis, (30/12/2021).


Kepala Rutan Kelas IIB Salatiga Andri Lesmano didampingi Humas, Nuryadi kepada harian7.com mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program pembinaan kerohanian yang ada di Rutan Kelas IIB Salatiga.


"Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal dan landasan menjadi manusia yang taat pada Tuhan,"ungkapnya.


Disampaikan Andri, kegiatan kerohanian ini diselenggarakan dengan bekerjasama  Yayasan Hati Beriman dan Singkong D9. 


"Sebelumnya, pada hari Minggu kemarin juga diadakan kegiatan pembinaan kerohanian bagi warga binaan yang beragama Kristen dan Katolik, karena bertepatan pada Hari Natal,"terang Andri.


Ditambahkan Andri, jelang akhir tahun ini kami memberikan program pembinaan kepada teman-teman yang beragam Islam untuk belajar menghafal Al Quran. Sehingga kegiatan pembinaan di Rutan Salatiga ini dapat berjalan seimbang dan seluruh warga binaan diharapkan mendapat pondasi saat bebas nanti untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan dan menjadi pribadi yang taat dalam hal beragama. 


"Menjelang akhir tahun ini,  kami isi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan kami juga menggelar doa bersama agar Negara kita tercinta ini selalu mendapat  lindungan dari Tuhan Yang Maha Esa,"tambahnya.


Sementara itu pemateri dan pembimbing pada kegiatan ini Ustadz Abu Hurri Al Qosimi menerangkan bahwa sangat mengapresiasi dan mendukung program pembinaan di Rutan Salatiga ini. Seperti kegiatan saat ini, sangat jarang menemui lapas atau rutan yang menerapkan pembinaan untuk menghafal Al Quran. 


"Dalam kegiatan kali ini menerapakan metode Al Qosimi, dimana warga binaan ini diajarkan untuk menghafal Al Quran dengan mudah. Baik yang belum bisa dan yang sudah lancer dalam membaca Al Quran,"jelasnya.


Untuk kegiatan ini,lanjut Abu, seperti yang sudah dijelaskan oleh Kepala Rutan akan dilaksanakan berkelanjutan."Kami pada hari ini memberikan dasar dan bekal awal kepada Warga Binaan sebagai landasan dalam menerapkan metode belajar dan menghafal Al Quran yang mudah dan benar,"tuturnya.


Abu Al Qosimi berharap dengan adanya pembinaan ini diharapkan warga binaan saat bebas nanti menjadi pribadi lebih baik, serta Rumah Tahanan ini berhasil menciptakan alumni - alumni menjadi penghafal Al Quran dan menerapkan dalam kehidupan kesehariannya saat sudah keluar nanti.(*)

Iklan