Iklan

Iklan

,

Iklan

Bertaruh Nyawa, Beberapa Petugas Mengalami Kecelakaan Kerja Ketika Atasi Kebakaran di PT. New Armada

Biro Kedu: Ady Prasetyo
Kamis, 30 Desember 2021, 19:47 WIB Last Updated 2021-12-30T15:27:30Z
Heru Kurniawan petugas Damkar Kota Magelang sedang mendapatkan perawatan di IGD Rumah Sakit Umum Kota Magelang yang mengalami kecelakaan kerja saat melakukan pemadaman api akibat kebakaran di PT. New Armada.

MAGELANG, harian7.com - Sebagai petugas Damkar maupun yang bekerja di bidang sosial kemanusiaan adalah untuk menyelamatkan korban baik kebakaran maupun bencana lainya agar keselamatan jiwa orang lain maupun aset yang ada bisa diamankan. Namun kadang disaat memberikan pertolongan tersebut dirinya harus mempertaruhkan nyawanya sendiri.


Hal ini yang sempat terjadi ketika para petugas gabungan sedang berusaha memadamkan kebakaran sebuah gudang milik PT. New Armada di Jl. Mayjen Bambang Sugeng No. 7, Mertoyudan, Magelang pada, Kamis (30/12/21).


Diduga akibat adanya asap dari kobaran api yang membakar isi gudang 1 (satu) orang personil petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) kota magelang yaitu Heru Kurniawan harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) guna mendapatkan perawatan intensif di Instalasi Gawat Darurat (IGD) setelah dirinya pingsan akibat menghirup asap tersebut. 


Selain itu, korban lainya adalah Ipda Donny Sugiyarto, S.H. selaku Babinkamtibmas Polsek Mertoyudan yang mengalami sesak nafas ketika dirinya bersama beberapa petugas lainya merangsek masuk ke lokasi terjadinya kebakaran untuk menjinakkan amukan si jago merah. 


Menurut Guntur Priyo Santoso dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Magelang, bahwa saat itu para korban bersama-sama petugas yang lain memasuki area kebakaran untuk menjinakkan api.


Ipda Donny Sugiyarto Anggota Babinkamtibmas polsek mertoyudan sedang mendapatkan perawatan dengan bantuan oksigen murni setelah menghirup kepulan asap terbakarnya sebuah gudang di PT. New Armada. 


"Namun rupanya kobaran api yang disertai kepulan asap tebal tersebut berasal dari plastik, karet dan tinner yang terbakar sehingga membuat sesak nafas bagi yang menghirupnya, Selain mas Heru dan Bapak Donny, ada beberapa orang lainya yang menjadi korban namun bisa segera ditangani dengan menggunakan oksigen murni," Jelasnya.


Dalam pemberitaan harian7.com sebelumnya, para petugas gabungan yang terlibat penanganan kebakaran ini yaitu dari Damkar Kabupaten Magelang, Damkar Kota Magelang, Koramil Mertoyudan, PMI Kab. Magelang, Polsek Mertoyudan, Unit Siaga SAR Borobudur, Satpol PP dan Linmas Kota Magelang, PMI Kota Magelang, PSC Kota Magelang, Polres Magelang, Polresta Magelang, Kodim 0705/Magelang. 


Selama kurang lebih 2 (dua) jam akhirnya api bisa padam setelah para petugas berjibaku di TKP walau harus beberapa personil mengalami kecelakaan kerja.


Berkat kerja keras tersebut beberapa lokasi seperti gudang berisi limbah besi seluas 500 m², Gedung Interior, Gudang belakang, Gedung Macining bisa terselamatkan dan tidak menimbulkan korban jiwa. (*)

Iklan