Iklan

Iklan

,

Iklan

Sambut Milad AMK ke 23, Harken Kunjungi TBM di Natuna

Redaksi
Senin, 29 November 2021, 15:55 WIB Last Updated 2021-11-29T08:55:28Z
Istimewa.


Laporan: Edi


NATUNA,harian7.com - Dalam rangka menyambut milad ke-23 AMK yang diperingati setiap tanggal 30 Nopember, PN AMK Bidang Kemaratiman mengunjungi dan bersilahturahmi ke Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) yang ada di Pesisir Kabupaten Natuna.


Kunjungan tersebut dilaksanakan di TBM Taman Ilmu yang berada di Desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Barat dan TBM Madah Seloka di Desa Pulau Tiga Kecamatan Pulau Tiga Barat.


" TBM merupakan salah satu tempat masyarakat memperoleh informasi melalui buku bacaan dan ini sangat membantu meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat,"kata Ketua PN AMK Bidang Kemaratiman, Harken melalui release kepada harian7.com, Senin (29/11/2021).


Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan buku bacaan untuk menambah koleksi dan bahan bacaan masyarakat.


" kita mengapresiasi terobosan dan inovasi yang dilakukan TBM Taman Ilmu dan TBM Madah Seloka, dimana TBM bukan hanya untuk tempat membaca namun ada kreatifitas, peluang usaha dan pelestarian budaya yang dilakukan di TBM tersebut,"ungkap Harken.


Ditambahkan Harken, ini merupakan terobasan yang patut di apresiasi dan di beri dukungan sehingga wawasan masyarakat terhadap pentingnya literasi dapat dirasakan dan berdampak luas bai itu pada pelesatarian lingkunga, budya dan peningkatan ekonomi.


"Inovasi yang dilakukan TBM Taman Ilmu membuat sedotan dari bahan baku bambu ini mengurangi pemakaian bahan baku plastik dan membuat sirup dari bahan baku buah mangrove yang banyak terdapat di desa tersebut begitu juga di TBM Madah Seloka terus melakukan kegiatan pelestarian budaya  bagi generasi muda,"tambahnya.


Harken menuturkan, ada pesan penting yang dapat diambil dari apa yang sudah dilakukan bahwa pelestarian alam dan budaya begitu penting dan harus terus terjaga demi kelangsungan mahluk hidup dan menjaga budaya bagsa tetap hidup dan tumbuh di tengah era moderenisasi ini.


AMK mendukung kegaiatan yang dilakukan dan berharap ini bisa terlaksana secara berkesinambungan.


"Kegiatan literasi budaya dan kemah literasi yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021 dan Maret 2022 di dua TBM tersebut kita dari AMK akan ikut serta  memberi dukungan dan bantuan supaya kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik,"pungkas Harken yang juga pengiat literasi.(*)

Iklan