Iklan

Iklan

,

Iklan

Operasi Zebra Candi 2021 di Purbalingga Selesai, Ini Hasilnya

Senin, 29 November 2021, 21:31 WIB Last Updated 2021-11-29T14:31:42Z
Pewarta : Wahyudin
Editor     : Abdurrochman


PURBALINGGA, Harian7 com
- Operasi Zebra Candi 2021 yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 28 November 2021 telah selesai dilaksanakan di wilayah hukum Polres Purbalingga. Demikian disampaikan Wakapolres PurbaIingga Kompol Pujiono saat konferensi pers di Mapolres, Senin (29/11/2021).


"Polres Purbalingga telah selesai menggelar Operasi Zebra Candi tahun 2021. Operasi tersebut berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 15 - 28 November 2021," kata Wakapolres didampingi Kasat Lantas AKP Rizky Widyo Pratomo dan Kasi Humas Iptu Muslimun.


Ia menjelaskan, bahwa selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2021 masih ditemukan sejumlah pelanggaran lalu lintas yang dilakukan masyarakat. Jumlah pelanggaran yang ditemukan sebanyak 1.832. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun 2020 yang jumlahnya sekitar 1.702 pelanggaran.


"Namun demikian, pihak kepolisian tidak memberikan tilang kepada pelanggar, hanya memberi teguran sebagai pembinaan," ungkapnya.


Lebih lanjut disampaikan, bahwa kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi jumlahnya menurun dibanding tahun lalu. Tahun lalu ada enam kasus, di tahun ini hanya ada lima kasus dengan korban luka ringan. Tidak ada korban meninggal dunia atau luka berat.


"Selama berlangsung operasi pihaknya lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif serta kegiatan simpatik kepada masyarakat. Selain itu, menggiatkan sosialisasi tentang protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Purbalingga," tandas Wakapolres.


Dari data kegiatan simpatik yang dilakukan diantaranya kegiatan bakti sosial kepada masyarakat, Safari Jumat Kamseltibcarlantas, revitalisasi jalur penyelamat di Karangreja, pemasangan spanduk imbauan, edukasi tertib lalu lintas kepada pelajar, dikmas lantas dan PPGD, road show Badut Sibraling, sosialisasi kendaraan berkeselamatan, vaksinasi jemput bola, patroli blusukan bagikan baksos dan giat lainnya.


"Ada juga kegiatan simpatik dengan membagikan sayur mayur dan masker kepada masyarakat serta penggunaan jalan. Pembagian dilakukan oleh personel kepolisian menggunakan kostum kerajaan agar lebih diperhatikan dan lebih dekat dengan masyarakat," jelasnya.


Wakapolres mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah tertib berkendara dan patuh akan prokes selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2021. Namun demikian, diharapkan usai kegiatan operasi hal tersebut bisa terus dilakukan dan lebih ditingkatkan.


"Cita-cita kami dengan tertib berlalu lintas di jalan bisa terwujudnya zero accident di wilayah Kabupaten Purbalingga. Selain itu, dengan patuh prokes mampu mencegah penyebaran Covid-19," pungkasnya. (*)

Iklan