Iklan

Iklan

,

Iklan

Perangi Narkotika, Rutan Salatiga Gelorakan Siap Melawan

Redaksi
Kamis, 30 September 2021, 22:04 WIB Last Updated 2021-09-30T15:06:27Z


Laporan: Bang Nur


SALATIGA,harian7.com - Obat-obatan terlarang narkotika menjadi ancaman serius bagi generasi muda. Mengetahui betapa pentingnya edukasi bahaya narkotika juga diperhatikan Rutan Kelas IIB Salatiga.


Prihatin dan turut mensukseskan Perang Melawan Narkotika, Rutan Kelas IIB Salatiga bersama Polres Salatiga, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UKSW dan Yayasan GERAM, melakukan sosialisasi dalam rangka pencegahan dan penyalahgunaan Narkotika, di Rutan Salatiga, Kamis (29/9/2021).


Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano didampingi Humas Nuryadi kepada harian7.com mengatakan,  bahwa dalam rangka menyukseskan program pemerintah 'Perang Melawan Narkoba' salah satu program kami kepada warga binaan adalah memberikan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.


"Selain melakukan razia rutin dan tes urine , kita juga telah menggandeng Dinas Kesehatan termasuk beberapa waktu lalu melakukan penyuluhan dan tes kesehatan serta dalam kegiatan hari ini bersama Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UKSW memberikan seminar penanganan kesehatan dan  rehabilitasi bagi Warga Binaan yang terjerat perkara Narkoba,"katanya disela kegiatan.

Warga binaan saat mengikuti sosialisasi.


Dijelaskan Andri, untuk saat ini perlu diketahui bahwa Rutan Salatiga dihuni oleh 137 Orang dan 46 Orang diantaranya merupakan warga binaan yang tersandung masalah narkoba.


Sementara itu Polres Salatiga yang diwakili KBO Sat Res Narkoba, Guntur mengapresiasi langkah Rutan Salatiga dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba. 


"Bahaya penyalahgunaan narkoba ini sangat luar biasa. Seperti yang kita ketahui saat ini hampir 50% lapas rutan ini dihuni oleh warga binaan narkoba. Untuk itu perlu adanya kesadaran tentang bahaya penghunaan narkoba,"ungkapnya.


Hal senada diungkapkan oleh Ketua DPC Geram Salatiga, Ohan  Hia yang mendukung penuh Rutan Salatiga dalam upaya mencegah penyalahgunaan Narkoba.


Dari pantauan harian7.com, kegiatan tersebut diterapkan prokes dan ditutup dengan penyuluhan kesehatan dan seminar penanganan Kesehatan Warga Binaan selama menjalani masa Pidana dan Rehabilitasi, Pemberian Vitamin, Obat-obatan bersama Fakultas Kedokteran UKSW ,  serta penandatangan Kerja Sama dalam upaya peningkatan pembinaan dan pencegahan Narkoba Bagi Warga Binaan bersama Yayasan GERAM Kota Salatiga.(*)

Iklan