Iklan

Iklan

,

Iklan

Memajukan Sektor ESDM, PT SBI Raih Penghargaan Subroto 2021

Rabu, 29 September 2021, 17:07 WIB Last Updated 2021-09-29T10:07:45Z
Pewarta : Rusmono (Kaperwil Jateng)
Editor.    : Abdurrochman


CILACAP, Harian7.com
- PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) pabrik Cilacap yang merupakan unit usaha dari PT Semen Indonesia (persero) Tbk (SIG) meraih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) 2021 dari Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) jategori Manajemen di Gedung dan Industri dengan subkategori 'Industri Manufaktur Besar'.


Penghargaan yang diberikan secara daring pada Selasa, (28/09) ini atas pencapaian yang baik dari manajemen energi yang diterapkan SBI dalam menjalankan proses produksi semen dengan ramah lingkungan dan berkelanjutan.


General Manager SBI pabrik Cilacap Istifaul Amin menjelaskan, bahwa penghargaan ini adalah pengakuan atas kinerja dari beberapa inisiatif efisiensi energi yang sudah dan terus dilakukan. 


“Kami mengoptimalkan pemakaian listrik dengan metode parameter matriks serta memanfaatkan biomassa dan bahan bakar alternatif dari Refuse Derived Fuel (RDF) sebagai substitusi batu bara,“ katanya. 



Dia menambahkan, pemanfaatan RDF sebagai bahan bakar pengganti batu bara, telah digunakan lebih dari satu tahun sejak fasilitas pengolahan sampah perkotaan menjadi RDF yang mulai beroperasi pada Juli 2020.   


"Fasilitas pengolahan sampah ini mampu mengolah 120-150 ton sampah perkotaan per hari mejadi RDF. Setelah beroperasi satu tahun, fasilitas pengolahan sampah ini telah mengolah 47.000 ton sampah perkotaan," pungkasnya. 


Penghargaan Subroto adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada para pemangku kepentingan yang memiliki prestasi luar biasa dalam memajukan sektor ESDM. (*)

Iklan