Iklan

Iklan

,

Iklan

Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat, Pemdes Randegan Banyumas Gelar Bakti Sosial Bersih Sungai Alam

Senin, 30 Agustus 2021, 21:50 WIB Last Updated 2021-08-30T14:50:23Z

Pewarta : Saelan

Editor.    : Abdurrochman


BANYUMAS, Harian7.com
- Nguri uri budaya gotong royong, Pemerintah Desa (Pemdes) Randegan Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas lakukan giat bersih bersih sampah yang ada di perbatasan Sungai Alam dan Sungai Kaliwedi Banyumas.


Bersih sampah yang digelar Minggu, (29/08) untuk memciptakan lingkungan bersih dan sehat di wilayah Desa Randegan Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat Desa Randegan, anggota BPBD, anggota Polsek Kebasen, anggota Koramil Kebasen, anggota Ormas Pemuda Pancasila Kebasen, anggota Banser, dan Santri Pondok Pesantren Andalusia.


Kepala Desa (Kades) Randegan, Kasihyono mengatakan, bahwa kerja bakti ini merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan desa yang bersih dan sehat.


"Untuk itu, kami melakukan pembersihan sampah yang menumpuk di Sungai Alam, karena kurangnya kesadaran warga masyarakat yang masih banyak membuang sampah ke Sungai Alam," katanya.


Kasihyono menambahkan, bahwa kegiatan kerja bakti atau gotong royong yang dilakukan adalah membersihkan kali Alam Desa Randegan yang terlihat kotor dan penuh sampah. Selain itu, gotong royong ini juga sebagai ajang silahturahmi, dan memupuk persaudaraan antar warga. Gotong-royong adalah warisan leluhur bangsa kita yang harus kita lestarikan. 



"Alhamdulillah hari ini, pelaksanaan kerja bakti membersihkan sampah di kali Alam bersama berbagai elemen warga masyarakat berjalan lancar. Saya ucapkan terima kasih kepada semua warga yang sangat antusias," ungkapnya.


Dia berharap, kedepan, dengan adanya permasalahan terutama kaitannya dengan sampah, kami selaku Pemdes Randegan akan berupaya mengatasi permasalahan tersebut, mulai dari penyediaan bak penampung sampah, tempat sampah di masing masing rumah warga, dan normalisasi kali.


"Ini perlu kerja keras, dan juga butuh dukungan serta peran dari Pemerintah Daerah. Semoga kedepan masyarakat sadar dan lebih peduli akan pentingnya kebersihan lingkungan," pungkasnya. (*)

Iklan