• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    HUT RI

     




    Adv

    5 Pejabat Eselon Tiga Dilantik, Kakanwil Kemenag Sulsel: Ada 4 Syarat Menjadi Seorang Pemimpin

    REDAKSI
    Kamis, 15 Juli 2021, 5:15:00 AM WIB Last Updated 2021-07-14T22:15:38Z
    Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan, Drs. H. Khaeroni, M.Si melantik lima pejabat administrator. 


    Editor: M Rifa


    SULSEL,harian7.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan, Drs. H. Khaeroni, M.Si melantik lima pejabat administrator di lingkungan Kanwil Kemenag Sulsel, dilantik pada Rabu (14/7/2021).


    Adapun pejabat eselon III yang dilantik ini, satu pejabat dilantik untuk mengisi kekosongan jabatan pada Bimas Katolik Kanwil Kemenag Sulsel dan empat lainnya mengalami rotasi dari jabatan sebelumya. 


    Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan, Drs. H. Khaeroni, M.Si dalam sambutanya menguraikan bahwa dalam Islam ada 4 syarat yang mesti dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu siddiq, amanah, tabliqh dan fathanah. 


    "Siddik, yaitu jujur, dimana seorang pemimpin harus memegang teguh kejujuran. "Jujur bukan berarti polos. Bukan  "ngablak" kata orang Jawa yang bicaranya polos tanpa tendeng aling-aling,"tuturnya.


    Amanah, lanjut Khaeroni, yakni bertanggungjawab, dimana seorang pemimpin harus bisa mempertanggungjawabkan jabatan yang.disandangnya, baik kepada pimpinan, kepada masyarakat dan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. 


    Seorang pemimpin menurut Kakanwil Khaeroni, juga harus memiliki sifat tabligh, yakni harus komunikatif dan Informatif. 


    "Pemimpin harus pandai mengkomunikasikan kepada masyarakat tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, harus pandai mengkoordinasikan kepada stake holder terkait. Dalam hal ini tentu diperlukan strategi-strategi sesuai situasi dan kondisi yg dihadapi,"ujarnya. 


    Syarat terakhir urai Khaeroni, yaitu Fathanah, yakni seorang pemimpin harus cerdas. "Kecerdaskan itu diperlukan untuk kepentingan personal, namun jauh lebih penting jika kecerdasan itu dimanfaatkan untuk kepentingan institusional,"tegasnya. 


    Mengakhiri sambutannya, Khaeroni menyampaikan bahwa mutasi dan promosi jabatan adalah hal yang biasa.


    "Kalau disuruh milih saya akan memilih di Jawa karena tempatnya yang lebih stragtegis. Namun karena saya tahu diri bahwa semua sudah diatur oleh Allah SWT sehingga saya tidak boleh menyesal,"pungkasnya. 


    Berikut nama-nama pejabat administrator lingkup Kanwil Kemenag Sulsel yang dilantik dan diambil sumpahnya, 


    1. H.Muhammad Tonang, S.Ag, MA, jabatan sebelumnya adalah Kakan Kemenag Kab. Maros. Dirinya kemudian mendapat amanah sebagai  Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Kabid Urais Bimsyar) Kanwil Kemenag Sulsel. 


    2. Dr. H. Rappe, M.Pd, diberi amanah sebagai Kabid Pendidikan Madrasah, meninggalkan jabatan lamanya sebagai Kabid Urais. 


    3. H. Masykur, S.Ag, M.Pd, Kabid Penmad ini dirotasi untuk jabatan baru sebagai Kepala Kemenag Kab. Sinjai. 


    4. H. Abd.Hafid M.Talla, M.AP, Kepala Kemenag Sinjai yang juga Ketua Forum Kakan Kemenag Sulsel ini menggantikan posisi H. Muhammad Tonang di Kab. Maros , dan


    5. Drs.Paulus Palondongan, Putra asli Toraja ini mendapatkan promosi jabatan dari Penyelenggara Katolik Kantor Kemenag Tana Toraja menjadi Pembimas  Katolik pada Kanwil Kemenag Sulsel 


    Pada pelantikan yang digelar di Aula I Kanwil Kemenag Sulsel Jln Nuri Makassar ini, sesi pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang dilantik ditiadakan demi menghindari dan memutus rantai penyebaran covid-19. (Humas)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini