Iklan

Iklan

,

Iklan

Wabup Purworejo Minta RSU Tyipe C Tjokronegoro Segera di Buka

Redaksi
Kamis, 09 Juli 2020, 09:38 WIB Last Updated 2020-07-09T02:42:18Z

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH (Tengah) saat berkunjung di Rumah Sakit Umum type C Tjokronegoro Purworejo Foto (Achmad Fauzi/harian7.com)

PURWOREJO, harian7.com - Rumah Sakit  type C  atau yang di beri nama RSU Tjokronegoro  berlokasikan di jalan Borokulon Banyuurip Purworejo dapat perhatian dari Wakil Bupati Yuli hastuti SH dengan mendatangi langsung rumah sakit tersebut, Rabu (8/7) sore.

Dalam kunjunganya Yuli Hastuti yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan drg Sudarmi MM, Kepala Badan Kepegawaian daerah (BKD) drg Nancy Megawati MM, Kepala Bagian Humas Protokol Rita purnama SSTP MM, dan Direktur RSUD RAA Tjokronegoro Purworejo dr Tolkha Amaruddin MKes SpTHT, melihat kesiapan Rumah Sakit Tjokronegoro Purworejo, dengan mengelilingi setiap ruang dari lantai 1 hingga lantai 3, yang juga mencoba lift rumah sakit yang semuanya terdapat 7 lift untuk pasien, pengunjung, dan lift khusus membawa makanan.

“Ini sarana prasarananya seperti ruang IGD, ruang operasi, laborat darah, kamar perawatan pasien, dan sebagainya, juga kesiapan sumberdaya manusia berupa tenaga medis dokter spesialis dll, sudah ada. Karena itu, saya minta rumah sakit Tjokronegoro segera dibuka, untuk melayani masyarakat. Untuk penyempurnaan 100 persen kelengkapan sarana prasarana maupun SDM, bisa dilakukan sambil jalan,” ucap Yuli Hastuti.

Yuli berharap, dengan dibuka rumah sakit ini supaya masyarakat Kabupaten Purworejo dapat memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan dengan mudah, terjangkau, dan tidak memberatkan.

Lebih jauh di sampaikan yuli,Terkait layanan BPJS, supaya rumah sakit segera mengurus karena persyaratannya harus melalui akreditasi terlebih dahulu. Mengingat peserta BPJS di Purworejo jumlahnya cukup banyak, agar masyarakat dapat menggunakannya.

“Dengan adanya RSUD Tjokronegoro, diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam mencari pilihan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.  Sehingga harapan peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Purworejo dapat terwujud,”tuturnya.

Sementara itu Direktur Tolkha Amaruddin menjelaskan, RSUD Tjokronegoro rencana akan dibuka 1 Agustus mendatang. Untuk kesiapan sarana prasarana rumah sakit, sudah 80 persen. Pelayanannya antara lain IGD, rawat darurat, rawat inap, poliklinik spesialis. Untuk dokter spesialis ada empat besar yakni dokter spesialis bedah, penyakit dalam, spesialis anak dan kebidanan. Sedangkan spesilis penunjang antara lain dokter spesialis syaraf, kulit dan kelamin, jiwa, dan dokter bedah mulut.

Jumlah tempat tidur terdapat 102 yang meliputi kelas 3, VIP, hingga president suite yang memiliki fasilitas seperti hotel.

Dikatakan, SDM tenaga medis sudah dicukupi dari Puskesmas dan dari RSUD dr Tjitrowardoyo.

“Bahkan sudah penyerahan sejumlah 32 orang perawat yang siap memberikan pelayanan di rumah sakit ini. Untuk yang eksisting kita, ada sekitar 60 orang. Terkait pelayanan peserta BPJS, untuk sementera belum. Kami terus berupaya, nanti akreditasi, saya targetkan sekitar bulan Maret 2021 mendatang. Namun jangan kawatir, meski biaya mandiri atau umum, namun  biaya pelayanan kesehatan di rumah sakit Tjokronegoro paling murah di Purowrejo,”ucap Tolkha

"Kami berkomitmen akan membawa RSUD Tjokronegoro yang memberikan cakupan pelayanan kesehatan yang semakin mudah dan semakin terjangkau untuk masyarakat" pungkasnya

Penulis : Muchamad Fauzi
Editor   : Andi Saputra

Iklan