Iklan

Adv

Kapolres Cilacap Cek Kondisi Kendaraan Satlantas Yang Digunakan Untuk Operasi Patuh Candi 2020

Jumat, 24 Juli 2020, 1:01:00 AM WIB Last Updated 2020-07-23T18:01:22Z
CILACAP, Harian7.com - Satlantas Pores Cilacap akan menggelar operasi patuh candi 2020 selama dua minggu kedepan. Hal tersebut untuk mengantisipasi aktivitas kendaraan yang diperdiksi merangkak normal kembali memasuki masa adaptasi kebiasaan baru (new normal) saat ini.

"Karena mendekati Idul Adha diperkirakan akan terjadi pelonjakan kegiatan kemasyarakatan di tempat hiburan ataupun tempat wisata," kata Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya setelah apel operasi patuh candi 2020 di Mapolres Cilacap, Kamis (23/07/2020).

Pemberlakuan tindakan hukum atau tilang kepada pelanggar lalu lintas, menurutnya bertujuan mengurangi atau menekan angka kecelakaan yang diprediksi naik pada masa adaptasi kebiasaan baru ini.
 
"Jika pelanggaran berkurang, maka keselamatan berkendara akan meningkat," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, operasi patuh candi 2020 sendiri ditegaskan akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada operasi saat ini tidak hanya pelanggar lalu lintas yang ditertibkan, tetapi juga kepada pelanggar protokol kesehatan.

Penertiban protokol kesehatan yang dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab sejak masa adaptasi kebiasaan baru, sebagian masyarakan mulai menjalankan aktivitas yang sempat terhenti selama pandemi.

"Kondisi ini membuat lalu lintas kembali dipadati kendaraan umum dan pribadi," jelasnya.

Petugas sendiri mengedepankan pencegahan dan edukasi terlebih dahulu, kemudian berupa teguran, sosialisasi, dan ajakan mentaaati aturan lalu lintas dan menggunakan masker bagi yang masih bandel. Tiga prioritas yang sasaran pelanggaran yakni pelangggaran helm, melawan arus, dan kelengkapan kendaraan.

"Operasi ini 40 persen tindakan preemtif, 40 persen preventif, dan 20 persen penegakan hukum," pungkasnya. (Rus)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini