Iklan

Iklan

,

Iklan

Tahun 2021, Dewan Kesenian Kabupaten Semarang (DKKS) Siap Gelar Pergelaran Seni Kolosal

Redaksi
Kamis, 27 Juni 2019, 00:24 WIB Last Updated 2019-06-26T17:24:27Z
UNGARAN, harian7.com - Menyambut peringatan HUT ke 500 Kabupaten Semarang tahun 2021 mendatang, Dewan Kesenian Kabupaten Semarang (DKKS) berencana menggelar pergelaran seni kolosal. Pada pergelaran tersebut, DKKS akan mengajak selurruh pelaku seni dan direncanakan yang terlibat mencapai ribuan pelaku seni. Untuk mewujudkan hal itu, harus dilakukan perencanaan yang benar-benar matang. Demikian dikatakan Ketua DKKS Sarwoto ‘Ndower’, disela Bimbingan Teknis (Bintek) Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Semarang, di Aula Kantor Kecamatan Bawen, Rabu (26/6/2019).

“Untuk mewujudkan rencana besar itu, pihaknya akan mengajak seluruh pelaku seni untuk merumuskan bentuk pergelaran seni itu. Bahkan, nantinya akan melibatkan ribuan orang dalam acara tersebut. Hal ini harus dilakukan perencanaan yang benar-benar matang,” katanya.

Menurutnya, pergelaran nantinya akan melibatkan lembaga kesenian kecamatan karena lembaga ini nantinya mampu mengkoordinir kelompok kesenian yang ada di wilayah kecamatan masing-masing. Pihaknya mengaku optimis akan menggelar pergelaran akbar itu. Pasalnya, kini banyak pelaku seni di tingkat kecamatan yang sudah merencanakan bahkan ‘ancang-ancang’ menggelar pentas seni dengan skala besar.

“Sebagai contoh, bulan September 2019 mendatang akan digelar pergelaran kesenian rodhat dengan melibatkan seribu penari. Ini akan digelar di Kecamatan Suruh. DKKS dalam acara ini sangat mendukung dan memberikan apresinya,” katanya.

Terkait dengan pergelaran seni dalam rangka HUT ke 500 Kabupaten Semarang tersebut, DKKS siap untuk menggandeng Pemkab Semarang dan jika perlu dengan Kementerian (Pariwisata) Republik Indonesia. Harapannya, pentas seni kolosal itu akan mengembalikan nama besar Kabupaten Semarang. (JND/Heru Santoso)

Iklan