Iklan

Iklan

,

Iklan

Kawasan Umbul Senjoyo Butuh “Sentuhan” Segera dari Pemkab Semarang

Redaksi
Rabu, 26 Juni 2019, 23:36 WIB Last Updated 2019-06-26T16:36:58Z
UNGARAN, harian7.com – Umbul Senjoyo yang berada di wilayah Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang merupakan salah satu tempat wisata yang hingga kini belum mendapatkan sentuhan dari Pemkab Semarang. Pasalnya, hingga kini kondisi kawasan Umbul Senjoyo boleh dikatakan belum tertata dengan bagus. Harapannya, Pemkab Semarang dapat segera melakukan penataan kawasan wisata ini. Demikian diungkapkan Kepala Desa (Kades) Tegalwaton, Tri Wuryanto kepada harian7.com, disela mendampingi kunjungan PDAM Kabupaten Semarang, Rabu (26/6/2019).

        “Sangat kami sayangkan hingga kini penataan kawasan wisata Umbul Senjoyo belum dilakukan secara maksimal oleh Pemkab Semarang. Meski kini sedikit demi sedikit, pemerintah Desa Tegalwaton berusaha melakukan penataan. Itu pun yang dilakukannya masih sangat terbatas. Padahal, Umbul Senjoyo ini terkenal dengan airnya yang melimpah, karena air dari umbul ini digunakan masyakarat Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang,” kata Tri Wuryanto.
Komplek patilasan yang nampak kumuh.

Ditambahkan, sebagai contoh nyata nampak pada Patilasan Kasunanan Keraton Pajang, yang boleh dikatakan kondisinya sangat memprihatinkan. Padahal, patilasan tersebut banyak dikunjungi banyak orang, pejabat maupun pengusaha dari berbagai daerah di Indonesia. Jika Umbul Senjoyo ditata sedemikian rupa, maka akan semakin banyak dan meningkat pengunjung yang datang ke Senjoyo ini.

        “Patilasan disini hampir tiap malam Selasa Kliwon maupun Jumat Kliwon, pasti banyak orang yang berkunjung bahkan melakukan ritual. Bisa dilihat, kondisinya sangat memprihatinkan diantaranya tikar yang ada asal-asalan dan pagar patilasan pun hanya dari bambu. Bahkan, papan nama dan tata tertib bagi pengunjung justru dipasang dibelakang patilasan. Harusnya, Pemkab Semarang melalui dinas terkait dapat menyikapinya dengan membenahi patilasan ini,” tandas Tri.

        Dalam kunjungannya ke Umbul Senjoyo itu, Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Semarang Gus Wakhid Hidayat didampingi Ketua Dewan Pengawas (DP) PDAM Denny Ariawan serta Kepala Cabang PDAM Tengaran Eko S dan beberapa staf.

        Sementara, Dirut PDAM Kabupaten Semarang, Gus Wakhid Hidayat menyatakan, pihaknya belum berani memberikan komentar apapun. Hal ini karena selain masih baru juga perlu koordinasi terlebih dahulu.

        “Kami dari PDAM Kabupaten Semarang ini, datang ke Umbul Senjoyo intinya ingin melihat langsung bagaimana kondisi yang sebenarnya. Ternyata, benar bahwa air yang ada sangat melimpah dan ini ke depan harus dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Untuk yang lainnya, sekali lagi kami belum dapat memberikan komentar,” tandas Gus Wakhid Hidayat kepada harian7.com, usai berkeliling kawasan Umbul Senjoyo, Rabu (26/6/2019). (Heru Santoso)

Iklan