Iklan

Iklan

,

Iklan

Kabupaten Semarang Expo 2019, Angkat Potensi Rempah-Rempah dan Wisata

Redaksi
Kamis, 25 April 2019, 23:50 WIB Last Updated 2019-04-25T17:32:12Z
Ungaran,harian7.com - Pemerintah Kabupaten Semarang kembali menggelar Expo (Kasmex) ke-VI 2019. Rangkaian kegiatan ini digelar selama 5 hari mulai hari ini Kamis 25 April hingga Senin 29 April, di kawasan Alun - Alun Bungkarno.

Kepala Diskumperindag Kabupaten Semarang, Yoseph Bambang Trihardjono, saat di konfirmasi harian7.com, Kamis (25/4/2019) di sela acara mengatakan, dalam serangkaian acara Kabupaten Semarang Expo (Kasmex) ke-VI 2019, berbagai festival dan produk lokal di pamerkan. Diantaranya ada festival produk jamu dan rempah serta bahan baku rempah.

"Dalam festival ini kita mengangkat beberapa produk lokal, terutama mengangkat potensi rempah, selain itu juga mengakat pula batik. Tak hanya itu, berbagai produk kuliner lokal terkusus makanan alami (tanpa bahan pengawet dan perwarna-red) juga turut mewarnai acara ini,"ungkapnya.

Video: Kabupaten Semarang Expo ke 6 - 2019

Selain itu tujuan dari acara ini juga untuk mempromosikan potensi lokal khas Bumi Serasi serta pariwisata, perdagangan, industri, ekonomi kreatif. Maka itu,  Diskumperindag Kabupaten Semarang  memfasilitasi atas terselenggaranya acara ini.

"Kami memfasilitasi dan mengajak para pelaku UMKM untuk berpartisipasi. Selain itu untuk pelaku UMKM kami juga menyediakan  stan gratis,"terangnya.

Sementara itu, Bupati Semarang  Mundjirin dalam sambutanya  menyampaikan ucapan selamat datang pada seluruh tamu undangan yang hadir serta mengucapkan selamat kepada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Semarang yang telah berhasil menyelenggarakan acara Kabupaten Semarang Expo tahun 2019. Dalam sambutanya Mundjirin menggunakan bahasa jawa.

"Monggo, kita semua bersama - sama memohon kepada Allah SWT, untuk kemajuan Kabupaten Semarang. Kita ingin mengembangkan produk - produk di UKM di Kabupaten Semarang dapat Go Internasional. Menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo, bahwa produk - produk bukan karena jumlahnya, tapi karena cepatnya penyebaran pemasaran produk hingga ke manca negara,"kata Mundjirin.

Pada kesempatan ini Mundjirin berharap, dengan adanya Expo ini, produk - produk UKM, dapat meningkatkan perekonomian
masyarakat Kabupaten Semarang dari sisi bisnis, investasi dan pariwisata.

"Kami harapkan bila UKM sudah berproduksi, dapat dibantu mendorong pengembangan, permodalan dan pemasaran, seperti halnya batik, beras lokal, dan produk - produk unggulan lainnya," tandas Mundjirin.

Seusai memberikan sambutan, Mundjirin memukul  Gong sebagai tanda dibukanya Kabupaten Semarang Expo tahun 2019, yang dilanjutkan berkeleling menyambangi stan serta memotong pita.
Adapun dalam acara ini diikuti dari kementerian terkait, BUMN, koperasi, UMKM, komunitas masyarakat dan pedagang aneka kuliner.(Arie Budi/Shodiq)

Editor: M.Nur

Iklan