Iklan

Iklan

,

Iklan

Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo Undang 35 Kades Bahas Alokasi Air

Redaksi
Jumat, 29 Maret 2019, 22:44 WIB Last Updated 2019-03-29T15:44:33Z
Temanggung,harian7.com - Tak kurang 35 Kepala Desa (Kades) dari Kecamatan kecamatan Kedu, Kecamatan Temanggung dan Kecamatan Bulu, mengikuti rapat rapat koordinasi membahas terkait alokasi air (evaluasi masa tanam 1 tahun 2018/2019 dan rencana masa tanam 11 tahun 2019 daerah irigasi Galeh).

Pertemuan ini digelar oleh Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Progo Bogowonto Luk Ulo di  Desa Makukuhan, Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung, Kamis (28/3/2019).

Selain para kepala desa, hadir dalam acara tersebut yakni Kepala Dinas PU Perumahan dan Kawasan Pemukiman Temanggung Ketut Candra Kirana.

Sebagai narasumber dalam acara ini yakni, Kasi Pembangunan dan Rehabilitasi Bendung dan Irigasi Sumber Daya Air (SDA)  serta dari balai PSDA selaku koordinator kelompok pengelola wilayah Progo Soemarno ST.

Kepada harian7.com disela kegiatan Soermarno ST mengungkapkan,  Saat ini debit air  irigasi masih mencukupi hingga tahun depan. "Air sungai Galeh masih cukup melimpah dan aman untuk menghadapi musim kemarau,"ungkapnya.

Petani diminta untuk menanam padi dengan rencana tanam 783 h, dan terealisasi padi 808 h. Sedangkan untuk palawija  rencananya 310 h, namun saat ini baru terealisasi 285 h.

"Memang kami menyarankan penanamannya untuk lebih besar prosentasenya di banding palawija. Untuk debit air akan menurun sedikit saat musim kemarau. Tapi kami pastikan masih aman untuk di gunakan di tiga kecamatan. Kami mengundang para kades untuk menggunakan maanfaat dari irigasi sungai Galeh,"pungkasnya. (*)

Laporan: Wahono Kontributot Temanggung
Editor : M.Nur

Iklan