Iklan

Iklan

,

Iklan

Stttt...... Ternyata Wisatawan Asing Gemar Durian, Buktinya Mereka Sambangi Tempat Ini

Redaksi
Rabu, 22 November 2017, 20:47 WIB Last Updated 2017-11-22T13:47:59Z
Rere Sugondo, saat menunjukan durian yang bagus.
MAGELANG, harian7.com - "Durian" Siapa yang tidak mengenal buah beraroma tajam dengan rasa yang legit itu, kini tengah menjadi primadona bagi para penikmatnya, saat ini di sejumlah daerah tengah musim panen buah tersebut. Tak terkecuali di Dusun Mantenan, Desa Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang.

Di setiap bulan November, para durian holic sebutan untuk para penggemar durian, beramai-ramai berkunjung di Kampung ini untuk mencicipi buah berkulit duri tajam itu, bahkan ada yang tak segan-segan memborong buah khas Dari Candimulyo ini. Begitu memasuki kawasan ini, disepanjang jalan  pengunjung akan disuguhkan pemandangan para pedagang buah durian.

Salah satu pedagang Rere Sugondo (25) mengatakan, Di setiap bulan November hingga bulan April, salah satu tempat yang di kenal dengan  Kampung Durian ini akan selalu ramai oleh para penggemar durian terutama pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

"Pengunjungnya tidak hanya dari daerah sekitar sini saja, tetapi dari luar kota dan bahkan ada yang dari luar negeri, dari kalangan pejabat serta artis pun pernah ada yang berkunjung kesini," katanya kepada harian7.com Rabu (22/11).
Ia sendiri telah beberapa tahun menjadi pedagang durian. Menurutnya, tempat tersebut semakin dikenal oleh masyarakat luas sejak diresmikannya wilayah ini sebagai Kampung Durian oleh Pemerintah Kabupaten Magelang pada Tahun 2014 lalu.

"Sudah selama tiga tahun berturut - turut disini selalu diadakan Festival Kampung Durian setiap bulan Maret," imbuhnya.

Saking terkenalnya, sebagian turis mancanegara pun sering berkunjung untuk mencicipi durian lokal Candimulyo itu. Jenis dan harganya pun sangat bervariatif. Mulai dari harga Rp. 15 ribu hingga Rp. 100 ribu, atau  tergantung jenis dan besarnya buah.

Sementara itu, saat harian7.com sambangi dari dekat, dan  ketemu dengan Jasmine, (24) salah satu turis asal Selandia Baru yang sedang berkunjung di Kampung Durian tersebut, dirinya mengaku ketagihan dengan citarasa durian jenis mentega asli Candimulyo itu.

"Durian di tempat ini memiliki citarasa yang khas dan sangat memanjakan lidah. Selain itu harganya pun cukup terjangkau," ucapnya. (Ady)

Iklan