Iklan

Iklan

,

Iklan

Kades Sendang Sesalkan Adanya Ulah Oknum Yang Mengaku LSM Sangat Meresahkan

Redaksi
Rabu, 27 September 2017, 16:39 WIB Last Updated 2017-09-27T09:39:56Z
Samsudin Kades Sendang saat memberikan komentar kepada wartawan.
Ungaran,harian7.com  - Sejumlah oknum yang mengatasnamakan diri sebagai LSM meresahkan sejumlah kepala desa di wilayah Kecamatan Bringin.

Dalam satu bulan terakhir, mereka pernah mendatangi kepala Desa Sendang serta sejumlah desa lainya di Kecamatan Bringin. Mereka berpura pura mencari kesalahan dan melakukan kroscek.

Samsudin Kepala Desa Sendang, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah saat ditemui sejumlah wartawan, Rabu (27/9/2017) di kantornya mengatakan, Oknum yang mengaku anggota LSM mendatangi kantor desa dan langsung mencari mencari cari kesalahan tentang pembangunan desa yang ujung-ujungnya minta uang.

"Mana kadesnya, saya dari LSM  mau konfimasi terkait adanya dugaan penyimpangan dalam pelasksanaan pembangunan desa. Saya sudah turun langsung lihat fisik dan banyak yang tidak sesuai dan kami datang karena ada laporan warga," ungkap Kades Sendang menirukan gertakan dari salah satu oknum LSM itu.

Samsudin  mengakui, meskipun kedatangan mereka secara langsung tidak meminta uang atau barang, namun tindakan para oknum LSM itu dianggap telah mengintimidasi. Mereka juga tidak memperlihatkan surat penugasan yang jelas.

"Kami bukan tidak mau diperiksa atau dimintai keterangan. Kalau bapak bisa menunjukkan surat tugas resmi  silakan. Saya bukan cuma memberikan data, saya antar ke lokasi bangunan dana desa juga saya dengan aparat desa lainnya akan mengantar ke lokasi,karena kami sudah melaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan," ungkap Samsudin, mengulangi kata saat di datangi oknum yang mengaku LSM.

Menurut Samsudin , oknum yang mengaku LSM tersebut mengancam serta mengintimdasi  akan memberikan pengawasan secara khusus kepada seluruh desa dan kades yang ada di Kecamatan Bringin.

"Saya sangat menyayangkan atas perihal ini, harusnya LSM itu menjadi mitra dan pendamping pemdes untuk bersama membangun desa, bukan malah meresahkan,"terang Samsudin.

Dalam hal ini Samsudin berharap kepada penegak hukum untuk turut menertibkan dan mengawasi sejumlah oknum yang mengatasnamakan LSM.

"Kami harap pihak APH turut mengawasi sejumlah oknum yang mengaku LSM yang selalu cari cari. Karena jika tidak di tertibkan tentunya akan meresahkan dan menghambat pembangunan Desa,"harapnya.

Lebih Lanjut Samsudin menambahkan, Dalam hal ini saya garis bawahi tidak semua LSM seperti itu, seperti halnya LSM ICI yang selalu bersinergi dan tidak segan segan menegur jika ada kekurangan serta kekeliruan.

"Kami justru malah senang dengan LSM ICI, pasalnya setiap kami ada kekeliruan yang tidak kami mengerti dan pahami karena keterbatasan SDM, ICI menegur dan memberikan arahan, sehingga kedepan kami bisa jadi lebih baik dalam menjalankan amanah,"pungkasnya.(Shodiq/M.Nur)

Iklan