Iklan

Iklan

,

Iklan

H+3 Lebaran, Jamaah Aboge Baru Sholat Ied

Redaksi
Rabu, 28 Juni 2017, 18:10 WIB Last Updated 2017-06-28T11:10:10Z
Ilustrasi.
PURBALINGGA, harian7.com – Ratusan jamaah Aboge (Alif Rebo Wage) Kabupaten Purbalingga baru melaksanakan sholat Ied, Selasa (27/6) pagi kemarin. Sholat ied digelar di Masjid Raden Sayyid Kuning, Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Tidak kurang 700 jamaah Aboge mengikuti sholat yang dipimpin langsung Kyai Sudi Maksudi (Sesepuh Islam Aboge Purbalingga).
“Kami melaksanakan sholat ied ini, sesuai dengan perhitungan Aboge, bahwa 1 Syawal 1438 Hijriah itu jatuh pada Selasa Pon, 27 Juni 2017. Perhitungan ini atas dasar gabungan antara penanggalan Hijriah serta hari pasaran Jawa. Rumus yang digunakan adalah rumus Donemro atau Sanemro untuk perhitungan penentuan 1 Ramadhan. Untuk penentuan 1 Syawal dengan menggunakan rumus Waljiro, yaitu 1 Syawal jatuh pada hari pertama pasaran kedua,” jelas Kyai Sudi.
Sementara, Kapolsek Mrebet, AKP Imam Sutiyono mengatakan, untuk mengamankan jalannya ibadah sholat ied jamaah Aboge tersebut, pihaknya menerjunkan sejumlah petugas dan masih dibantu personil dari Koramil.
“Langkahnya ini dilakukan demi untuk menjaga keamanan sehingga sholat ied jamaah Aboge dapat berjalan aman, tenang dan lancar,” tandas AKP Imam. (Heru)

Iklan