Iklan

Iklan

,

Iklan

Hari Kesiapsiagaan Nasional (HKN) tahun 2017, Gelar Apel Di Kabupaten Semarang

Redaksi
Kamis, 27 April 2017, 00:07 WIB Last Updated 2017-04-26T17:07:19Z
Ungaran,harian7.com - Dalam rangka Hari Kesiap Siagaan Nasional (HKN) tahun 2017, di gelar apel kesiap siagaan di alun alun Bungkarno Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Rabu (26/4) pagi sekira pukul 07.30 WIB. Acara tersebut di gelar dan di kemas dengan tema " Membangun Kesadaran Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana".

Dalam acara yang berlangsung, Sebagai irup Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha SH dan  turut di hadiri jajaran Forkominda Kabupaten Semarang serta di ikuti oleh jajaran anggota TNI Kodim 0714, Polres Salatiga, Satpol PP,Damkar, Dishub ,PNS, BPDB, Wakil Bupati Semarang, Kapolres Semarang, Kasdim 0714 Salatiga dan jajaran SKPD Kabupaten Semarang. Selain tamu hadir, dalam acara ini juga di turunkan dua ambulan, tiga kendaraan Evakuasi , tiga mobil tangki air ,empat mobil damkar,lima sepeda motor trail dan satu unit alat berat .

Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugroho SH dalam sambutanya mengatakan, Puji syukur pada Allah SWT, karena pada kesempatan ini kita dapat melaksanakan apel dalam rangka HKN.  Mengingat kondisi Negara kita saat ini banyak terjadi musibah bencana alam karena kondisi geografi yang ada di negara kita . Maka hal ini sering menimbulkan banyak korban jiwa dan faktor yang paling penting adalah kesiapsiagaan dalam rangka menanggulangi hal tersebut. Oleh sebab itu kurangnya kewaspadaan masyarakat merupakan salah satu penyebab timbulnya korban yang lebih besar. Untuk itu mari kita bersama  untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana secara mandiri.

"Saya ucapkan terimakasih kepada BPDP Kabupaten Semarang atas kinerjanya yang sampai saat ini masih semangat dalam rangka menanggulangi bencana.
Sebagai mana amanat UU NO 24 Tahun 2004 atas perlindungan terhadap warga yang terkena bencana alam. Untuk itu saya menghimbau instansi terkait untuk mengimplementasikan hal tersebut . Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua terutama utk warga Kabupaten Semarang,"ujar Wakil Bupati Semarang.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono yang juga menjabat Sekda Kabupaten Semarang menyampaikan, Maksud tujuan diadakan apel kesiapsiagaan  bencana ini, dengan maksud untuk menyadarkan serta agar mempunyai daya tangguh dalam menanggulangi bencana baik korban jiwa maupun korban material.

"Acara ini di gelar untuk meningkatkan kewaspadaan serta ketangguhan dalam menanggulangi bencana. Selain itu juga agar bisa mengenali lingkungan masing masing serta potensi terjadinya bencana, sehingga bisa mengantisipasinya sejak dini sebelum bencana alam terjadi,"

Apel kesiagaan ini juga di gelar peralatan penunjang penanggulangan bencana yg di miliki BPBD Kabupaten Semarang serta penjelasan fungsi-fungsi alat tersebut dan kedepannya juga melatih dan terus melatih masyarakat utk tanggap bencana .(Andi Kusuma)


Editor : Muza

Iklan