Iklan

Iklan

,

Iklan

Diguyur Hujan Deras, Tebing di Kaligawe Longsor Timpa Rumah Warga

Redaksi
Senin, 16 Januari 2017, 17:20 WIB Last Updated 2017-01-16T10:20:17Z
Ilustrasi
UNGARANharian7.com – Setelah seharian diguyur hujan deras, tebing di daerah Kaligawe, Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang longsor dan menimpa rumah warga hingga mengalami kerusakan parah. Rumah warga yang tertimpa longsoran milik Tularno (47) warga Kaligawe RT 06 RW 05, Desa Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, tanah longsor itu merobohkan dinding bagian belakang rumah Tularno pada Minggu (15/1) petang kemarin.
Informasi yang dihimpun, saat kejadian itu, Tularno dan istri sedang santai di ruang keluarga karena listrik juga padam. Saat itu, tahu-tahu dikagetkan dengan suara gemuruh dari belakang rumahnya, setelah dilihat ternyata tebing longsor. Tularno saat itu langsung menarik istrinya berlari ke luar rumah.
          “Saat tanah longsor itu, saya dan istri santai di dalam rumah sambil menunggu listrik menyala kembali. Dua anak saya saat itu tidak berada di rumah. Melihat tebing longsor, saya langsung menarik istri saya berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Akibatnya, dinding rumah bagian belakang roboh,” terang Tularno.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto mengatakan, bahwa selain rumah Tularno ada rumah warga yang lain yang juga tertimpa longsoran tanah. Rumah itu milik Mulyono di RT 06 RW 07 yang tidak terlalu jauh dengan rumah Tularno. Juga, ruas jalan yang menghubungkan Desa Kaligawe - Mluweh tertimpa longsoran tanah hingga sempat menutupi jalan desa itu.
“Saat kejadian itu, ada tiga titik yang tertimpa longsoran, rumah Tularno, rumah Mulyono serta ruas jalan penghubung Desa Mluweh – Kaligawe. Namun, yang paling parah adalah rumah Tularno. Untuk longsoran tanah di jalan desa itu, akhirnya dapat disingkirkan atas kerjasama masyarakat beserta TNI dan Polri serta BPBD Kabupaten Semarang,” tandasnya.(*)

Laporan : Heru Santoso
Editor : Muza

Iklan